Ilustrasi jamur enoki - - Foto: Antara
Ilustrasi jamur enoki - - Foto: Antara

Tak Semua Jamur Enoki Terkontaminasi Bakteri

Ekonomi Kementerian Pertanian Jamur Enoki
Annisa ayu artanti • 26 Juni 2020 14:46
Jakarta: Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian menyatakan tak semua jamur enoki terkontaminasi bakteri listeria monocytogenes. Jamur yang mengandung bakteri tersebut hanya berasal dari Korea Selatan.
 
Kepala BKP Kementerian Pertanian Agung Hendriadi mengatakan jamur enoki yang berasal dari Tiongkok dan Korea Selatan kini tengah masuk karantina Kementan.
 
"Yang tercatat di pemasukan karantina Tiongkok dan Korsel. Tiongkok aman, karena yang di notifikasi INFOSAN hanya Korsel dan produsennya Green Co ltd," kata Agung kepadaMedcom.id, Jumat, 26 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agung menambahkan Kementan tengah melakukan investigasi lebih lanjut terhadap jamur enoki asal negeri Ginseng tersebut. Hal ini berdasarkan rekomendasi dari International Food Safety Authority Network (INFOSAN) atau otoritas keamanan pangan internasional di bawah WHO.
 
"Kami sudah investigasi untuk yang dinotifikasi," ucapnya.
 
Sebagai upaya pencegahan, Agung sebelumnya mengimbau pelaku usaha untuk menerapkan praktek sanitasi hygiene untuk mencegah kontaminasi silang. Termasuk melakukan pengujian laboratorium dengan memisahkan jamur yang diimpor dari Green Co Ltd.
 
"Memisahkan jamur enoki yang diimpor dari Green Co Ltd dan mengembalikan kepada distributor untuk ditangani lebih lanjut," tukasnya.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif