Salah satu Pertashop Pertamina. Foto: Dok. Pertamina
Salah satu Pertashop Pertamina. Foto: Dok. Pertamina

Pertashop Pertama Rambah Sulawesi Tengah

Ekonomi pertamina
Suci Sedya Utami • 30 Juli 2020 18:21
Jakarta: PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) VII menghadirkan pertashop pertama Sulawesi Tengah, tepatnya di Desa Tomeang, Kecamatan Nuhon, Kabupaten Banggai.
 
Pertashop Desa Tomeang ini dibangun di atas lahan seluas 300 meter persegi dengan kapasitas tangki mencapai 3.000 liter. Pertashop ini nantinya akan dikelola oleh mitra pengusaha lokal agar terjadi peningkatan ekonomi di Desa Tomeang maupun desa lain di sekitarnya.
 
Unit Manager Communication & CSR MOR VII Laode Syarifuddin Mursali menjelaskan kehadiran Pertashop di Desa Tomeang ini merupakan wujud komitmen Pertamina dalam mengantarkan energi hingga pelosok negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Desa Tomeang terletak sekitar 150 km dari pusat kota Kabupaten Banggai. Selama ini, kebutuhan BBM masyarakat Desa Tomeang diperoleh dari SPBU dengan jarak mencapai 15 km. Dengan adanya Pertashop di desa ini diharapkan roda perekonomian masyarakat bisa lebih berkembang.
 
"Harga produk BBM yang dijual di Pertashop ini sama dengan harga yang dijual di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) terdekat," kata Laode dalam keterangan resmi, Kamis, 30 Juli 2020.
 
Produk yang tersedia di Pertashop ini meliputi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax, Bright Gas dan pelumas Pertamina. Pasokannya akan di supply dari Fuel Terminal (FT) Luwuk dengan Mobil Tangki berkapasitas delapan kiloliter (KL).
 
Sementara itu Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo mengapresiasi pendirian Pertashop Desa Tomeang dan berharap masyarakat menyambut baik kehadiran Pertashop ini.
 
"Semoga kesempatan ini bisa dipergunakan sebaik-baiknya untuk memajukan perekonomian di desa-desa," tutur dia.
 
Selain di Sulawesi Tengah, Pertamina juga menambah Pertashop di Desa Modomang, Kecamatan Dumoga Timut. Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Desa Modomang terletak sekitar 90 km dari pusat kota Kabupaten Bolaang Mongondow. Selama ini, kebutuhan BBM masyarakat Desa Modomang diperoleh dari SPBU yang letaknya 12 km.
 
Pertashop Desa Modomang dibangun di area seluas 250-an meter persegi dengan kapasitas mencapai 3.000 liter. Pertashop ini akan dikelola oleh PT Pertamina Retail dimana setelah tiga bulan pengelolaannya akan diserahkan ke BUMDes.
 
"Pertashop ini akan menjadi sumber penghasilan tambahan bagi Desa Modomang," lanjut Laode.
 
Produk yang tersedia di Pertashop ini terdiri dari BBM jenis Pertamax, Bright Gas, dan pelumas. Pasokan BBM-nya didatangkan langsung dari Integrated Terminal Bitung.
 
Pertamina MOR VII akan terus menghadirkan Pertashop diberbagai daerah di Sulawesi. Targetnya, akan ada 44 titik Pertashop yang tersebar di seluruh wilayah Sulawesi dengan rincian 13 di Area Sales Sulawesi Selatan dan Tenggara, 11 di Area Sales Sulawesi Tengah dan Barat, serta 20 outlet di Area Sales Sulawesi Utara dan Gorontalo.
 
"Harapannya masyarakat akan semakin mudah mendapatkan beragam produk Pertamina berkualitas dengan harga terjangkau serta dengan memperhatikan faktor keselamatan dalam layanannya," pungkas Laode.

 

(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif