Foto: Grafis Medcom.id
Foto: Grafis Medcom.id

Pemerintah Kebut Peta Jalan Vaksinasi Covid-19

Ekonomi kemenkes covid-19 vaksin covid-19
Eko Nordiansyah • 02 Oktober 2020 17:31
Jakarta: Pemerintah mengebut pembuatan peta jalan (roadmap) untuk pengadaan vaksin covid-19 dan upaya vaksinasi bagi masyarakat. Peta jalan ini akan tertuang dalam Rancangan Peraturan Presiden (Perpres) Pengadaan dan Distribusi Vaksin Covid-19.
 
Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Vensya Sitohang mengatakan saat ini pengembangan vaksin covid-19 terus dilakukan. Saat ini beberapa vaksin yang telah diproduksi telah memasuki tahap uji klinis.
 
"Saat ini vaksin masih dalam proses pengembangan. Beberapa sudah masuk uji klinis tahap III. Indonesia masuk di sini, ada 1.620 orang yang ikut terlibat di dalam uji klinis," kata dia dalam diskusi FMB9 'Vaksin: Melindungi Diri, Melindungi Negeri', Jumat, 2 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bukan hanya peta jalan vaksinasi, Perpres juga mengatur soal persiapan pelaksanaan vaksinasi serta pembuatan Dashboard Tracing Vaccine Program. Keberadaan dashboard akan memantau efektivitas vaksinasi kepada para peserta yang telah diimunisasi.
 
"Jika vaksin ini sudah diintroduksi atau diperkenalkan, nanti wajib dilakukan pemantauan pasca-imunisasinya atau surveilans post marketing," jelas dia.
 
Ia menambahkan vaksinasi covid-19 tidak jauh berbeda dengan imunisasi yang selama ini dilakukan oleh masyarakat. Bahkan imunisasi secara rutin sejak usia dini diklaim mampu mencegah seseorang terjangkit berbagai penyakit berbahaya.
 
"Imunisasi melindungi diri dari penyakit berbahaya dan juga aman bagi manusia. Imunisasi ini oleh para ahli telah melalui serangkaian penelitian yang puluhan hingga belasan tahun untuk mendapatkan formula yang dapat mencegah penyakit berbahaya," ungkapnya.
 
Pemerintah sebelumnya menyebut, perhitungan total kebutuhan anggaran untuk vaksin adalah sebesar Rp37 triliun untuk periode 2020-2022. Sementara estimasi uang muka yang dibayarkan pemerintah tahun ini adalah sebesar Rp3,8 triliun.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif