Shopee Basha Market Live akan diselenggarakan pada 7 hingga 10 Desember 2020. (Foto: Dok.)
Shopee Basha Market Live akan diselenggarakan pada 7 hingga 10 Desember 2020. (Foto: Dok.)

Shopee Basha Market Live Kembali Hadir Dukung UMKM Go Digital

Ekonomi shopee
Gervin Nathaniel Purba • 05 Desember 2020 16:35
Jakarta: Shopee Basha Market Live kembali hadir dengan membawa tema Hippy Holiday pada tahun ini. Pada event kali ini, Basha berkesempatan untuk  berkolaborasi bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur.
 
Event ini akan diselenggarakan pada 7 hingga 10 Desember 2020. Alasan pemilihan tema Hippy Holiday lantaran 2020 menjadi tahun yang penuh tantangan. Dengan tema tersebut diharapkan dapat membawa afirmatif positif menyambut 2021.
 
Kesempatan ini tidak hanya digunakan Basha untuk meningkatkan apresiasi terhadap kerajinan lokal, tapi juga mengemas ulang produk-produk melalui kampanye Pembawa Perubahan bersama 13 tokoh muda berprestasi dan berpengaruh di Jawa Timur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mereka adalah Arumi Bachsin (Ketua Dekranasda Jawa Timur), Hendy Setiono (Founder & CEO of Baba Rafi Enterprise), Irmadita (Doctor and Entrepreneur; Founder of Surabaya Skin Center & Aiola Eatery), Risa Santoso (Rektor Termuda Indonesia Institut Teknologi & Bisnis Asia), Audrey Maxi (Founder of Riliv), dan lainnya. 
 
Dekranasda Jawa Timur juga memiliki tugas besar untuk mengenalkan literasi digital secara masif untuk mempercepat transformasi digital UMKM di Jawa Timur. Ini merupakan fokus dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur, sehingga kolaborasi antara Basha dan Dekranasda dapat membawa angin segar untuk UMKM.
 
Ketua Dekranasda Jawa Timur Arumi Bachsin menuturkan bahwa transformasi digital bukan lagi hanya himbauan belaka, namun sudah didukung pemerintah dengan infrastruktur, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan anggaran 2021. 
 
“Adanya kolaborasi dengan Basha kali ini sangat membantu program literasi digital untuk UMKM. Sekarang ini kita harus go online. Termasuk yang paling utama transaksi jual beli. Bukan hanya disaat pandemi saja, tapi ini sudah termasuk kebutuhan saat ini,” ujar Arumi, dikutip keterangan tertulis, Sabtu, 5 Desember 2020. 
 
Sementara itu, Co-Founder Basha Christie Erin dan Devina Sugono sepakat bahwa kolaborasi ini sejalan dengan spirit Basha. Kolaborasi ini sebetulnya sudah direncanakan jauh hari sebelum pandemi covid-19.
 
"Justru ternyata karena adanya pandemi, kami bisa saling membantu meningkatkan literasi digital yang juga menjadi fokus dari Pemerintah Daerah Jawa Timur. Basha sangat senang diberikan kesempatan untuk membagikan pengalaman berdasarkan apa yang telah Basha kerjakan selama enam tahun belakangan ini,” ujar Erin.
 
Devina juga menambahkan bahwa pada kerja sama ini, dia berharap bisa membantu mendorong penjualan karya para pengrajin lokal Jawa Timur. 
 
"Perubahan cara belanja di masyarakat kala pandemi membuat kami berharap kerjasama ini bisa memberikan dampak yang baik. Selain itu kami juga mengenalkan bagaimana transaksi di platform e-commerce juga dapat membantu pengrajin lokal dalam memasarkan produknya,” ungkap Devina.
 
Sementara itu, Head of Fashion & Lifestyle Shopee Indonesia Adi Rahardja mengungkapkan kegembiraan pihaknya bisa kembali berkolaborasi yang kedua kalinya pada acara Shopee Basha Market Live. Pada penyelenggaraan sebelumnya, mereka melihat antusiasme yang tinggi dari pengguna terhadap Shopee Basha Market Live, serta berhasil melibatkan 120 penjual produk lokal. 
 
"Sejalan dengan komitmen Shopee dalam terus mendukung keberlangsungan pelaku usaha lokal dan UMKM, hadirnya Shopee Basha Market Live merupakan salah satu upaya untuk memberikan akses mudah terhadap rangkaian pilihan produk lokal," ujar Adi.
 
Pada event online kedua ini, Shopee Basha Market Live akan melibatkan lebih dari 170 mitra penjual lokal terkurasi. Selain itu, event ini juga diharapkan bisa mendapatkan antusiasme masyarakat yang lebih tinggi.
 
Adanya Shopee Basha Market Live - Hippy Holiday diharapkan dapat membawa warna baru untuk Dekranasda Jawa Timur. Sehingga bersama-sama dapat mendukung program literasi digital yang dicanangkan oleh Pemerintah Daerah Jawa Timur, agarsemakin banyak lagi lahirnya wirausaha atau UMKM yang berkualitas di Jawa Timur. 

 
(ROS)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif