Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dok. Tangkapan Layar
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dok. Tangkapan Layar

Jokowi: Nilai Ekspor Indonesia Mencapai US$142 Miliar pada 2021

Ekonomi Jokowi Pertumbuhan Ekonomi Ekspor Ekonomi Indonesia Nilai Ekspor
Theofilus Ifan Sucipto • 21 Oktober 2021 11:05
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan nilai ekspor Indonesia mencapai lebih dari US$142 miliar pada 2021 di tengah pandemi covid-19. Jokowi meminta capaian itu terus ditingkatkan.
 
Nilai ekspor Indonesia tahun ini mencapai puncak, yaitu US$142,01 miliar dan tumbuh 37,77 persen Year on Year (YoY),” kata Jokowi dalam pembukaan Trade Expo Indonesia Digital Edition 2021 secara virtual, Kamis, 21 Oktober 2021.
 
Jokowi mengatakan torehan itu tidak boleh membuat semua pihak lengah. Indonesia harus memanfaatkan kesempatan untuk terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kerja sama dan perdagangan global harus segera kita aktifkan,” tegas dia.
 
Jokowi menilai perdagangan yang berimbang, saling menguntungkan, dan investasi yang berkualitas mendesak di Indonesia. Hal itu bakal membuka banyak kesempatan kerja, transfer teknologi, hingga peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) secara berkelanjutan.
 
Kepala Negara menyebut potensi pasar ekspor masih terbuka lebar. Apalagi, mitra dagang Indonesia mulai pulih, seperti Tiongkok dengan pertumbuhan ekonomi 7,9 persen YoY, Amerika Serikat (AS) tumbuh 12,2 persen, Jepang tumbuh 7,6 persen, bahkan India tumbuh 20,1 persen.
 
“Peluang ini harus kita manfaatkan untuk mendorong peningkatan ekspor sebanyak-banyaknya,” papar Jokowi.
 
Baca: Kemenperin Lepas Ekspor Produk Olahan Porang ke Tiongkok
 
Dia mengatakan Trade Expo Digital kali ini menjadi salah satu solusi menghubungkan pelaku usaha. Khususnya para eksportir dan pembeli untuk menjalin kerja sama bisnis.
 
(AZF)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif