Menteri Koperasi UKM Teten Masduki. Foto : Medcom/Ilham Wibowo.
Menteri Koperasi UKM Teten Masduki. Foto : Medcom/Ilham Wibowo.

Menteri Teten Tantang Inovator Platform Digital Kembangkan UMKM

Ekonomi UMKM Kementerian Koperasi dan UKM industri digital
Ilham wibowo • 21 September 2020 15:21
Jakarta: Menteri Koperasi UKM Teten Masduki memanggil para inovator muda yang telah membantu para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bertransformasi di pemasaran digital. Inovator yang behasil melalui tantangan kompetisi bakal mendapat dukungan penuh sebagai mitra strategis.
 
“Di masa pandemi Covid-19 ini banyak inovasi platform digital baru yang diinisiasi oleh anak-anak muda yang luar biasa. Ini sangat membantu pelaku UMKM, terutama yang kecil-kecil. Dengan platform digital dan inovasi ekosistem digital akan membantu UMKM tersebut untuk konsolidasi dan diagregasi agar lebih mudah terhubung ke market place,” kata Teten dalam konferensi secara virtual, Senin, 21 September 2020.
 
Setelah menyeleksi 126 pendaftar di program Pahlawan Digital UMKM 2020, panitia memutuskan sebanyak 30 inovator digital yang terpilih untuk mengikuti pelatihan atau bootcamp Pahlawan Digital UMKM. Para inovator tersebut memiliki berbagai tipe bisnis,.mulai dari market place, pelatihan dan pemberdayaan, penyedia jasa manajemen keuangan, sampaijasa perangkat lunak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Anak-anak muda ini cerdas-cerdas dan memiliki keberpihakan yang besar pada UMKM, dan para UMKM juga butuh mereka. Kita perlu bekerja sama untuk mempercepat digitalisasi UMKM kita,” ungkap Teten.
 
Penggagas Pahlawan Digital UMKM Putri Tanjung mengatakan bahwa pihaknya percaya pada kekuatan anak bangsa dan kaum muda Indonesia. Sebanyak 30 inovator yang terpilih dan 76 persen di antara berasal dari luar Jakarta dinilai memiliki kesamaan dalam hal inovasi, kreativitas dan entrepeneurship mindset.
 
“Mereka bisa melihat banyak sekali masalah yang dihadapi UMKM dan bisa memberikan solusi. Inilah yang membuat program Pahlawan Digital UMKM jadi sangat spesial,” kata Putri.
 
Para inovator yang mengikuti bootcamp ini memiliki keunikan dalam memberikan solusi digital bagi UMKM. Krealogi misalnya, menyediakan platform digital untuk manajemen rantai pasok bagi UMKM kriya.
 
Kemudian Mantab yang mendigitalisasi pedagang minuman keliling dan Femalepreneur.id yang memberdayakan UMKM perempuan dengan menyediakan platform pembelajaran pendidikan kewirausahaan melalui kelas interaktif dan pendampingan intensif. Pemberdayakan para petani, peternak dan nelayan dengan digitalisasi juga muncul seperti Bisnisternak.id, Kang Duren, Belanjaikan.com dan Bonsay.
 
Adapun inovator lainnya yang dinilai telah berkontribusi cukup baik yakni AppOn, Ayowebs, Auto Pilot Store, Boleh.id, Booble.id, Cabang, Chatbiz.id, CrediBook, Doit BMI, Gets.id, Hey Indonesia, Keroncongantar.com, Klik Direktori, Kopral, Lapak Cerdas, Lowcost Indonesia, Optima UKM, Plaza Dayeuhluhur, Restoku, Soodu.id, Kururio, Finata dan GardhaCatering.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif