Ilustrasi. Foto: dok Pertamina
Ilustrasi. Foto: dok Pertamina

Pertamina Tunggu Aturan Pemerintah untuk Turunkan Harga BBM

Ekonomi pertamina harga bbm
Suci Sedya Utami • 19 Maret 2020 16:15
Jakarta: PT Pertamina (Persero) menyatakan masih menunggu aturan dari pemerintah untuk melakukan penyesuaian harga jual bahan bakar minyak (BBM) seiring dengan penurunan harga minyak dunia.
 
VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan Pertamina selaku operator akan menyesuaikan harga dengan mengacu pada pemerintah. Ia bilang sampai saat ini harga BBM yang dijual Pertamina telah mengacu pada ketentuan yang dibuat oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).
 
"Pertamina selalu comply dengan hal tersebut. Apabila nanti ada perubahan peraturan atau kebijakan, Pertamina akan menyesuaikan," kata Fajriyah pada Medcom.id, Kamis, 19 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya mengatakan sebagian besar konsumsi BBM masyarakat adalah BBM subsidi jenis solar yang harganya diatur oleh pemerintah.
 
"Jadi kami tinggal menjalankannya," jelas dia.
 
Sebelumnya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah hingga saat ini masih mengevaluasi harga BBM terkait dengan penurunan harga minyak dunia.
 
Airlangga mengatakan pemerintah masih memantau dan memonitor perkambangan harga minyak dunia lebih jauh lagi ke depannya. Sehingga untuk saat ini, kendati minyak dunia mengalami penurunan namun belum diikuti dengan penurunan harga jual di dalam negeri.
 
"Untuk harga BBM pemerintah masih akan evaluasi efek dari perkembangan harga minyak, selanjutnya memonitor harga," kata Airlangga.
 
Presiden Joko Widodo telah meminta kalkulasi penurunan harga minyak dunia terhadap harga jual eceran BBM di masyarakat.
 
Jokowi juga meminta agar menteri terkait mengkalkulasi penurunan harga minyak dunia terhadap perekonomian, termasuk dampaknya ke penerimaan negara serta menghitung perkiraan penurunan tersebut bakal terjadi ke depannya.
 
"Kita tahu harga minyak dunia sekarang ini turun, karena itu saya minta dikalkulasi dihitung dampak dari penurunan terhadap perekonomian kita terutama BBM bersubsidi dan nonsubsidi. Kemudian perkiraan harga ke depan," kata Jokowi.
 
Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman April turun USD1,75 atau 6,1 persen menjadi USD26,95 per barel di New York Mercantile Exchange, pada Rabu, 18 Maret 2020. Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Mei turun USD1,32 atau 4,39 persen menjadi di USD28,73 per barel di London ICE Futures Exchange.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif