Ilustrasi. Foto: MI/Hafidz
Ilustrasi. Foto: MI/Hafidz

Pemerintah Diminta Suarakan Investasi Berkelanjutan untuk Petani Kecil di Presidensi G20

Ekonomi pertanian investasi Petani Presidensi G20
Antara • 15 Januari 2022 16:55
Jakarta: Pemerintah Indonesia dinilai perlu menjadikan posisi Presidensi G20 untuk menyuarakan pentingnya mendorong investasi yang berkelanjutan dan berkeadilan, termasuk untuk kalangan petani skala kecil.
 
"Indonesia harus berani menyuarakan dan menawarkan model pembangunan atau investasi sektor pertanian yang tidak hanya berkelanjutan dan resilien, namun juga berkeadilan terutama bagi para petani skala kecil, perempuan dan anak muda di pedesaan sebagai produsen dan penyedia pangan," kata Koordinator Nasional Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) Said Abdullah dilansir Antara, Sabtu, 15 Januari 2022.
 
Menurut dia, selama ini kerap disaksikan beragam investasi yang dilakukan di berbagai daerah justru melahirkan kelompok marginal dan menjadi korban, di antaranya petani skala kecil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Padahal, lanjutnya, mandat konstitusi mengatakan Indonesia tidak hanya harus tahan pangan namun juga berdaulat, sehingga petani sebagai produsen pangan penting diperhatikan.
 
"Salah satu bentuknya kita harus makin besar melakukan investasi di model pertanian ekologis, penggunaan teknologi ramah lingkungan dan sosial dan tentu saja adil bagi petani, perempuan dan anak muda di pedesaan," katanya.
 
Dengan Presidensi G20, menurut dia, ini merupakan kesempatan yang baik bagi Indonesia karena sebagai tuan rumah untuk bisa mengambil keuntungan dari forum ini terutama terkait pembangunan sektor pangan.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif