Sebanyak 28.041 pelanggan telah kembali mendapatkan akses listrik. Foto: dok PLN.
Sebanyak 28.041 pelanggan telah kembali mendapatkan akses listrik. Foto: dok PLN.

Kementerian ESDM: Seluruh Trafo Listrik Terdampak Erupsi Gunung Semeru Sudah Pulih

Ekonomi Listrik PLN Kementerian ESDM gunung semeru Gunung Semeru Erupsi
Insi Nantika Jelita • 07 Desember 2021 21:37
Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut, per Senin malam (6/12), 112 trafo listrik terdampak erupsi Gunungapi Semeru, Jawa Timur, telah beroperasi normal dan 28.041 pelanggan telah kembali mendapatkan akses listrik.
 
Untuk mempercepat pemulihan listrik di daerah terdampak Erupsi Semeru, diterjunkan 124 personel PLN yang bersiaga.
 
"Alhamdulillah tadi malam seluruh trafo listrik sudah pulih dan hampir seluruh pelanggan kembali mendapatkan akses listrik. Rekan-rekan PLN telah berupaya keras untuk memulihkan akses listrik di wilayah terdampak erupsi Gunungapi Semeru," ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi dalam keterangan resminya, dilansir Mediaindonesia.com, Selasa, 7 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski seluruh trafo telah menyala, hingga saat ini masih ada 2.482 pelanggan di Desa Supit Urang dan Desa Curah Kobokan yang listriknya belum nyala karena kondisi rumah warga yang rusak.
 
"Untuk penormalan listrik di 2.482 pelanggan ini, kami masih menunggu informasi dari pihak berwenang dan kondisi aman," ungkap General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur Adi Priyanto.
 
PLN juga mengaku membangun jaringan tegangan menengah 20 kilovolt (kV) sepanjang 300 meter yang menghubungkan penyulang Pronojiwo ke penyulang Ampel Gading untuk penormalan pelanggan terdampak erupsi.
 
Perusahaan pelat merah itu juga telah mengumpulkan genset portable berkapasitas 2,2 sampai empat Kilo Watt (KW) sebanyak delapan unit, kapasitas 23 KW sebanyak satu unit dari dari Unit Layanan Pelanggan (ULP) dan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3).
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif