Foto: dok MI/Andri Widiyanto.
Foto: dok MI/Andri Widiyanto.

Perbanas Siapkan 130 Ribu Dosis Sinopharm ke 65 Ribu Karyawan Bank

Ekonomi perbanas vaksinasi vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 Vaksinasi Mandiri
Gervin Nathaniel Purba • 19 Juni 2021 20:10
Jakarta: Perhimpunan Bank Umum Nasional (Perbanas) menyiapkan 130 ribu dosis vaksin Sinopharm yang akan disuntikkan kepada 65 ribu karyawan bank. Pelaksanaan vaksinasi gotong royong ini diadakan Perbanas secara mandiri dalam mendukung upaya pemerintah menekan wabah covid-19.
 
Karyawan bank yang disasar terdiri dari 48 bank pemerintah, swasta nasional, asing, dan daerah. Vaksinasi ini terbagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada 19-30 Juni 2021. Gelombang kedua pada 11-19 Juli 2021.
 
Untuk pelaksanaan vaksinasi hari ini, terdapat 50 ribu karyawan bank yang menerima vaksinasi gotong royong, yang dilaksanakan di Sentra Vaksinasi Perbanas, Lapangan Tenis Indoor Senayan, Jakarta. Sedangkan 15 ribu karyawan akan mendapatkan vaksin gotong royong di Sentra vaksinasi Perbanas, di wilayah yang tersebar di Bandung, Semarang, Surabaya, dan kota-kota besar lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketua Umum Perbanas Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan, pihaknya menggandeng Bio Farma dan Kimia Farma untuk menyediakan vaksin Sinopharm yang sudah memperoleh izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebagai salah satu vaksin yang aman.
 
"Kami berharap program vaksinasi ini dapat berjalan optimal dan berdampak besar, terutama untuk para pelaku industri perbankan agar dapat memberikan kenyamanan lebih kepada nasabah," kata Tiko, sapaannya, saat membuka program vaksinasi gotong royong Perbanas bersama Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Heru Kristiyana, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roeslani dan direksi bank-bank swasta di Senayan, Jakarta, dalam keterangan tertulis, Sabtu 19 Juni 2021.
 
Tiko juga menegaskan, vaksinasi di industri jasa keuangan ini akan diproritaskan untuk para pekerja bank yang paling sering berinteraksi langsung dengan nasabah.
 
"Untuk itu, kami telah berkoordinasi dengan bank-bank untuk mendapatkan data detil karyawan yang akan divaksin, baik di Jakarta, maupun di daerah. Data ini akan terus kami perbarui agar pelaksanaan vaksinasi di Jakarta dan daerah bisa berjalan lancar," kata Tiko.
 
Sementara itu, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Perbanas atas terselenggaranya program vaksinasi gotong royong secara mandiri.
 
Hal ini merupakan bentuk dukungan Perbanas dalam percepatan program vaksinasi covid-19 untuk mencapai target terciptanya herd immunity pada Agustus 2021. OJK mengharapkan agar Perbanas dan Himbara yang juga telah melakukan vaksinasi gotong royong dapat mempercepat dan memperluas pelaksanaan vaksinasi covid-19 di seluruh daerah.
 
"Asosiasi perbankan lainnya saya harapkan melakukan hal yang sama. Mengingat kerberhasilan program vaksinasi ini merupakan perubahan dalam pemulihan ekonomi nasional," kata Heru.
 
Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir mengatakan, pihaknya juga mendukung sepenuhnya program vaksinasi gotong royong yang digelar Perbanas hari ini. Sinergitas dari berbagai pihak akan memperlancar target pemerintah untuk menekan wabah covid-19.
 
"Pemerintah dan kalangan swasta tengah berupaya mengejar target 20 juta karyawan swasta yang ikut dalam program ini, dapat terealisasi secara bertahap. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat memenuhi permintaan dan menyesuaikannya dengan stok vaksin yang ada saat ini, yakni sebanyak 1,5 juta dosis," tutur Honesti.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif