Gedung OJK. FOTO: OJK
Gedung OJK. FOTO: OJK

OJK Resmi Terbitkan Aturan Kompensasi Kerugian Investor! Ini Isinya

Ekonomi OJK pasar modal
Husen Miftahudin • 08 Januari 2021 10:24
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi menerbitkan aturan disgorgement fund atau dana kompensasi kerugian investor. Aturan ini berisi tentang pengembalian dana kompensasi yang diberikan pemerintah jika investor merugi akibat ulah pelaku pasar yang melanggar ketentuan di pasar modal.
 
Beleid ini tertuang dalam Peraturan OJK (POJK) Nomor 65/POJK/2020 tentang Pengembalian Keuntungan Tidak Sah dan Dana Kompensasi Kerugian Investor di Bidang Pasar Modal. Adapun pokok-pokok pengaturan dalam POJK ini yakni:
 
Pertama, kewenangan OJK untuk mengenakan pengembalian keuntungan tidak sah terhadap pihak yang melakukan dan/atau menyebabkan terjadinya pelanggaran peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal. Aturan ini juga terdapat mekanisme penetapan pengembalian keuntungan tidak sah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selanjutnya, kewajiban pihak yang dikenakan pengembalian keuntungan tidak sah untuk membayar pengembalian keuntungan tidak sah kepada OJK melalui rekening dana yang disediakan oleh penyedia rekening dana yang ditunjuk oleh OJK," jelas Ringkasan POJK 65/2020 dikutip Jumat, 8 Januari 2021.
 
Lalu, kewenangan OJK untuk memerintahkan lembaga penyimpanan dan penyelesaian dan/atau lembaga jasa keuangan untuk melakukan pemblokiran rekening efek, pemblokiran rekening lain, dan/atau pemindahbukuan aset dari pihak yang dikenakan pengembalian keuntungan tidak sah.
 
Kemudian pembayaran pengembalian keuntungan tidak sah menggunakan aset tetap serta pelepasan aset melalui lelang. Berikutnya, upaya hukum OJK dalam hal pihak yang dikenakan pengembalian keuntungan tidak sah tidak melakukan pembayaran seluruh jumlah pengembalian keuntungan tidak sah.
 
Ada pula terkait pembentukan dana kompensasi kerugian investor. Lalu, kewenangan OJK dalam hal penunjukan administrator, serta persyaratan, hak, kewajiban, dan kewenangan administrator.
 
Selanjutnya ada pengajuan klaim, pembayaran klaim, dan pendistribusian dana kompensasi kerugian investor. Penutupan rekening dan situs web dana kompensasi kerugian investor.
 
"Terakhir, pemberhentian administrator dan pembubaran dana kompensasi kerugian investor," jelas Ringkasan POJK Disgorgement Fund tersebut.
 
Sebelumnya, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengungkapkan bahwa pihaknya akan segera mengimplementasikan dana kompensasi kerugian investor (disgorgement fund). Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan investor di tengah kondisi pandemi covid-19.
 
"OJK telah inisiasi adanya disgorgement fund yaitu pengumpulan dana disgorgement apabila nanti ada hal yang diperlukan untuk memberikan kompensasi ke investor yang mengalami kerugian," tutup Wimboh.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif