Bonus Demografi. Foto : Medcom.
Bonus Demografi. Foto : Medcom.

Sumpah Pemuda 2020 Momentum Optimalkan Bonus Demografi

Ekonomi Sumpah Pemuda bonus demografi
Ilham wibowo • 28 Oktober 2020 13:10
Jakarta: Hari Sumpah Pemuda yang diperingati tiap 28 Oktober perlu disikapi generasi muda tanah air untuk terus berperan aktif dalam membangun industri nasional yang berdaya saing global. Bonus demografi yang saat ini sedang dinikmati Indonesia perlu dioptimalkan.
 
"Menilik ke belakang perjalanan bangsa, Indonesia dapat berdiri hingga hari ini tidak lepas dari goresan tinta sejarah para pemuda," kata Sekretaris Jenderal Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono melalui keterangan tertulis, Rabu, 28 Oktober 2020.
 
Periode 2020-2024, Indonesia diproyeksi berada di puncak periode bonus demografi atau mengalami jumlah penduduk usia produktif yang lebih besar. Potensi telah dipersiapkan pemerintah dengan menerapkan peta jalan Making Indonesia 4.0, terutama peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) industri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sumpah Pemuda hendaknya bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda Indonesia untuk membawa negara ini ke arah perubahan yang lebih baik. Dengan demikian, kita mampu menatap fenomena perubahan global sebagai peluang dan memberikan solusi terhadap tantangan yang tengah dialami, khususnya dalam membangun sektor industri,” paparnya.
 
Sigit mengemukakan, tantangan yang dialami Indonesia dari dampak pandemi covid-19 ini terhitung besar. Misalnya, terdapat 6,9 juta angkatan kerja yang menganggur, kemudian 3,5 juta karyawan yang dirumahkan, dan tiga juta angkatan kerja baru.
 
“Angka yang besar mencapai lima persen dari populasi Indonesia saat ini perlu disiapkan pekerjaan untuk menyerap produktivitas mereka,” tuturnya.
 
Langkah menghadirkan lebih banyak investasi di sektor industri manufaktur juga terus dilakukan agar bisa lebih banyak menyerap banyak tenaga kerja. Wirausaha baru juga terus didukung untuk bisa menjaga produktivitas domestik.
 
"Pembangunan industri juga harus memperhatikan lingkungan hidup dan prinsip pembangunan berkelanjutan untuk kepentingan generasi yang akan datang,” ucapnya.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif