Kelapa Sawit. Foto : MI/Gino.
Kelapa Sawit. Foto : MI/Gino.

Membaiknya Hubungan Dagang Malaysia-India Pacu Kenaikan CPO

Ekonomi india cpo malaysia
Antara • 27 Mei 2020 17:50
Pekanbaru: Harga sawit Riau mengalami kenaikan dipicu beberapa faktor pasar internasional yakni membaiknya hubungan perdagangan antara Malaysia dan India. India melanjutkan pembelian minyak kelapa sawit (CPO) Malaysia setelah aksi boikot empat bulan menyusul perseteruan diplomatik.
 
"Kondisi ini sekaligus mendongkrak harga CPO Malaysia yang bursa penjualan CPO-nya menjadi patokan dunia," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Defris Hatmaja di Pekanbaru dikutip dari Antara, Rabu, 27 Mei 2020.
 
Menurut Defris, naiknya harga minyak mentah dunia juga memberi sentimen positif terhadap harga CPO di Riau sehingga harga TBS kelapa sawit penetapan ke 21 Mei 2020 atau periode 27 Mei-2 Juni 2020 mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur kelapa sawit dengan jumlah kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10-20 tahun sebesar Rp20,19 per kg atau mencapai 1,44 persen dari harga minggu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Karena itu, harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu ke depan naik menjadi Rp1.421,71 per kg, di samping faktor eksternal, kenaikan harga TBS sawit Riau disebabkan juga oleh faktor internal atau terjadinya kenaikan harga jual CPO dan kernel dari seluruh perusahaan yang menjadi sumber data.
 
"Untuk harga jual CPO, dari PTPN V mengalami kenaikan sebesar Rp99,60 per kg, dari PT Sinar Mas Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp171 per kg, dari PT Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp60 per kg, dan dari PT Asian Agri Group mengalami kenaikan sebesar Rp58,20 per kg dari harga minggu lalu," katanya.
 
Sedangkan untuk harga jual kernel, dari PT Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan sebesar Rp39,09 per kg, dan dari PT Asian Agri Group mengalami kenaikan sebesar Rp156 per kg dari harga minggu lalu.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif