Ilustrasi Mal di Jakarta. MI/Susanto
Ilustrasi Mal di Jakarta. MI/Susanto

Pembukaan Mal di Jakarta Butuh Persiapan

Ekonomi dki jakarta Virus Korona PSBB New Normal
Sri Yanti Nainggolan • 18 Mei 2020 22:31
Jakarta: Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta akan menerapkan protokol khusus jika pusat perbelanjaan atau mal akan dibuka bulan depan. Namun, pembukaan mal membutuhkan waktu persiapan agar tak melanggar protokol kesehatan dan keselamatan.
 
"Pusat belanja anggota APPBI-DKI akan menerapkan berbagai Standard Operating Procedure (SOP) untuk memulai kembali operasional yang berpijak pada kesehatan, kenyamanan, serta kepercayaan kepada para pengunjung," ujar Ketua APPBI-DKI Ellen Hidayat dalam keterangan tertulis, Senin, 18 Mei 2020.
 
Di antaranya, penyediaan thermometer pengukur suhu tubuh pada semua akses pintu masuk, wajib memakai masker bagi karyawan atau pengunjung, serta para karyawan diwajibkan memakai pelindung diri yang sesuai karakteristik industrinya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mal juga perlu menyiapkan hand sanitizer di beberapa akses dan area umum. Jika memungkinkan, mal menambah jumlah wastafel atau tempat cuci tangan.
 
Pengelola juga harus membuat protokol jaga jarak dan memberikan tanda agar konsumen mengikuti tata cara social distancing. Misalnya tanda antrean serta jarak pemakai lift, travelator, dan eskalator.
 
Mal juga akan mengatur tempat duduk di area food court. Para tenant juga diminta melakukan pengaturan peletakan meja dan kursi sehingga ada jarak. Tata cara jaga jarak seperti di area kasir juga sebaiknya diatur.
 
"Pihak [engelola mal juga masih akan terus melakukan desinfeksi rutin terhadap area-area mal, misalnya area masuk, toilet, eskalator, lift dan area lainnya," tutup dia.
 

(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif