Aksesoris dari bahan tembaga karya UMKM asal Sidoarjo - - Foto: dok Pertamina
Aksesoris dari bahan tembaga karya UMKM asal Sidoarjo - - Foto: dok Pertamina

Kerajinan Tembaga Asal Sidoarjo Dilirik New York Fashion Show

Ekonomi pameran pertamina UMKM
Suci Sedya Utami • 11 September 2020 16:26
Jakarta: Kerajinan aksesoris dari bahan tembaga dilirik dalam pagelaran ternama internasional, New York Fashion Show. Karya UMKM, Nio El asal Sidoarjo, Jawa Timur ini diminati oleh sejumlah pembeli dari berbagai negara.
 
Forum pameran bisnis tersebut diselenggarakan oleh Pertamina dalam bentuk SMEXPO 2020. Pameran ini menjadi jembatan emas bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tanah Air.
 
"Saya minta katalognya ya. Bagus sekali, choker yang pertama seperti vintage, beautiful. Yang lain-lain bagus dipadu dengan fashion show," ujar Fanny, Jumat, 11 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bukan hanya Nio El, sejumlah UMKM mitra binaan Pertamina lainnya juga berkesempatan memasarkan produknya dalam forum bisnis kali ini. Mulai dari batik tulis, songket, kerajinan patung, sepatu dan sandal, aksesoris hingga kerajinan logam. Produk UMKM tersebut berasal dari berbagai wilayah seperti Bogor, Jawa Barat; Semarang, Jawa Tengah; Madura, Jawa Timur; Ternate, Maluku Utara, dan Prabumulih, Sumatra Selatan.
 
Pada kesempatan tersebut, para UMKM menjelaskan produk-produknya kepada calon pembeli yang berasal dari berbagai negara, di antaranya dari AS, Australia, Jerman, Belanda, dan Timur Tengah. Para calon pembeli dan diaspora yang hadir memiliki beragam profesi dan akses pasar UMKM di masing-masing negaranya.
 
Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan Pertamina SMEXPO 2020 bertujuan mempertemukan langsung para pelaku UMKM dengan para calon pembeli.
 
"Memasarkan produk secara digital termasuk ke pasar ekspor, menjadi tren terbaru terutama bagi mitra binaan Pertamina. Kami akan terus menjembatani agar peluang bisnis yang besar ini bisa sukses sehingga pelaku UMKM bisa bangkit menghadapi pandemi covid-19," jelas Fajriyah.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif