Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau Bandara Soekarno-Hatta - - Foto: Medcom/ Suci Sedya
Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau Bandara Soekarno-Hatta - - Foto: Medcom/ Suci Sedya

Erick Thohir Apresiasi Protokol Kesehatan di Bandara Soetta

Ekonomi angkasa pura ii bandara soekarno-hatta Erick Thohir pandemi covid-19
Annisa ayu artanti • 18 September 2020 14:35
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengapresiasi penerapan protokol kesehatan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Sebab, bandara merupakan pintu gerbang utama Indonesia yang berperan besar dalam menekan penyebaran covid-19.
 
"Saya sangat menghargai kerja keras manajemen Angkasa Pura II mengenai komitmennya dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat, khususnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta," ujar Erick dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 18 September 2020.
 
Erick menjelaskan pengelola bandara sudah seharusnya melakukan inovasi dan mensosialisasikan pentingnya memakai masker, mencuci tangan, physical distancing, dan penerapan protokol kesehatan lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apalagi industri penerbangan menjadi sektor yang terdampak paling signifikan akibat pandemi covid-19. Namun, jumlah penumpang pesawat terus mengalami peningkatan seiring penerapan protokol kesehatan yang ketat.
 
"Penumpang pesawat memang perlahan mulai meningkat, sehingga protokol kesehatan menjadi hal paling utama yang harus dijalankan. Itu sudah menjadi syarat mutlak bagi pengelola bandara dan maskapai jika ingin terus berkembang. Ini harus menjadi kebiasaan baru bagi masyarakat kita ke depan," jelasnya.

 
Lembaga global Safe Travel Barometer memberikan rating Safe Travel Score 4,09 untuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Rating ini tergolong tinggi mengingat poin tertinggi adalah 5. Safe Travel Barometer memiliki database terbesar dan paling komprehensif di dunia mengenai protokol kesehatan dan keamanan terkait covid-19.
 
Adapun penilaian yang dilakukan Safe Travel Score antara lain implementasi daritouchless processing(menghilangkan fasilitas/proses yang membutuhkan sentuhan tangan), pengecekan suhu tubuh, peraturan kewajiban memakai masker,hand sanitizer,adanya kewajiban surat keterangan sehat, keharusan pengetesan covid-19, adanya aplikasi untukcontact tracing,ditetapkannya waktu minimum untukcheck-in,dilakukan desinfeksi di toilet, eskalator, lift,boarding gate,dan penggunaanface shieldbagi staf bandara.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif