Ilustrasi. FOTO: MI/MOHAMAD IRFAN
Ilustrasi. FOTO: MI/MOHAMAD IRFAN

Bidik Investor, PLN Siap Melistriki 1.000 MW Kawasan Industri Mongondow

Insi Nantika Jelita • 20 Mei 2022 10:35
Jakarta: PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) siap memenuhi kebutuhan listrik di Kawasan Industri Mongondow (Kimong), Sulawesi Utara. Hal itu guna menarik investor menanamkan modalnya di wilayah tersebut.
 
General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah Dan Gorontalo (UIW Suluttenggo) Leo Basuki menjelaskan proyeksi kebutuhan daya listrik di kawasan tersebut mencapai 1.000 megawatt (MW). Ketersediaan energi listrik akan dimulai dari proyek pembangunan hingga nanti sudah beroperasi penuh sesuai kebutuhan investor.
 
"Kami siap menyediakan kebutuhan listrik yang dibutuhkan dan kami menyediakan layanan Renewable Energy Certificate (REC), bagian dari kampanye energi baru terbarukan oleh PLN," ungkapnya, dikutip dari Mediaindonesia.com, Jumat, 20 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Basuki bersama pejabat daerah setempat mengunjungi lokasi rencana dibangunnya beberapa infrastruktur di Kawasan Industri Mongondow. Dalam rangkaian kunjungan ini, PLN membawa investor yang ada untuk mengunjungi langsung infrastruktur kelistrikan PLN, yaitu Gardu Induk Lolak.

 
Hal itu dilakukan untuk meyakinkan investor, PLN siap secara infrastruktur dalam mendorong percepatan investasi yang direncanakan.
 
Dalam kesempatan yang sama, salah satu investor, Kentjana menyampaikan, dalam kawasan industri Kimong direncanakan pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian mineral atau smelter dengan jenis mineral aluminium.
 
Ia menyebut, kapasitas produksi tahap pertama diperkirakan hingga 500 ribu ton logam dengan investasi mencapai USD1 miliar. Menurut Kentjana, jaminan keandalan pasokan listrik dari PLN meyakinkan pihak investor Kimong untuk mantap berinvestasi pada proyek yang bertujuan menjadikan Bolaang Mongondow sebagai salah satu kiblat industri di Indonesia.
 
"Kami harap di masa depan saat kami sudah turun berinvestasi, kami bisa kerja sama lebih lancar dan lebih lanjut dan membantu perkembangan ekonomi," pungkasnya.

 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif