PT Freeport Indonesia serap 99 persen tenaga kerja dari indonesia. Foto: MI/Agus
PT Freeport Indonesia serap 99 persen tenaga kerja dari indonesia. Foto: MI/Agus

Freeport Serap 99% Pekerja Asal Indonesia

Ekonomi freeport
Suci Sedya Utami • 29 Juli 2020 15:46
Jakarta: PT Freeport Indonesia menyatakan telah menyerap mayoritas pekerja yang berasal dari Indonesia selama lebih dari 50 tahun beroperasi melakukan kegiatan penambangan di Indonesia.
 
Juru Bicara PTFI Riza Pratama mengatakan hal tersebut merupakan wujud dan komitmen perusahaan untuk mendukung pemerintah mencapai tujuan nasional Republik Indonesia, yaitu memajukan kesejahteraan umum dan kecerdasan kehidupan bangsa.
 
"Penyerapan tenaga kerja yang sekitar 99 persen di antaranya adalah tenaga kerja Indonesia," kata Riza, Rabu, 29 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Riza mengatakan PTFI juga melakukan peningkatan pendidikan dan keterampilan masyarakat setempat baik melalui pendidikan formal maupun yang diperoleh melalui pengalaman bekerja. Hal tersebut menjadi nilai tambah yang bisa tercermin dari pembangunan Distrik Mimika, yang menjadi area operasi Freeport, yang berkembang pesat menjadi sebuah kabupaten saat ini.
 
Riza mengatakan penyerapan tenaga kerja tidak hanya berada di daerah operasi tambang Freeport, tetapi juga di wilayah fasilitas pemurnian dan pengolahan (smelter) yang tengah dibangun di daerah Gresik-Jawa Timur.
 
Ia bilang dalam proses pembangunan smelter Manyar itu nantinya juga akan memberi nilai tambah di sektor ketenagakerjaan dan menciptakan ribuan lapangan pekerjaan, yakni sekitar 200 lapangan pekerjaan saat pra-konstruksi, 2.000 orang saat konstruksi dan 400 orang untuk operasional," tutur Riza.
 
"Sebagai bentuk nyata komitmen PTFI dalam membangun sumber daya manusia dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di mana pun kami beroperasi, pemenuhan kebutuhan tenaga kerja ini akan mengutamakan sumber daya manusia lokal yang terkualifikasi dari sekitar lokasi pembangunan," tutur Riza.
 
Sebagai multiplier effect dari proses pembangunan dan operasi smelter Manyar, lanjut Riza, peluang usaha bagi masyarakat di sekitar kawasan smelter akan tercipta, sehingga nilai tambah smelter Manyar di sektor ketenagakerjaan tidak hanya berhenti di area smelter tersebut.

 

(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif