Perikanan. Foto : Medcom.id.
Perikanan. Foto : Medcom.id.

Mukomuko Beli 4.000 Benih Lele

Ekonomi perikanan ikan
Antara • 23 Agustus 2020 19:05
Mukomuko: Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, tahun ini akan membeli sebanyak sekitar 4.000 benih ikan lele mutiara untuk dua kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) di daerah ini.
 
"Kita akan membeli sebanyak sekitar 4.000 benih ikan lele mutiara untuk dua pokdakan. Saat ini kegiatan pembelian benih ikan lele sedang proses di pejabat pengadaaan barang dan jasa pemerintah," kata Kabid Budidaya Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Azbas Novyan dikutip dari Antara, Minggu, 23 Agustus 2020.
 
Dinas Perikanan setempat pada 2020 mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) bidang perikanan untuk membeli kolam bundar, benih dan pakan ikan untuk percontohan budidaya ikan lele di daerah ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dana alokasi khusus bidang perikanan tersebut dibagi menjadi dua paket dan dana untuk setiap paket kegiatan tersebut sebesar Rp40 juta untuk pembelian kolam bundar, benih, dan pakan ikan.
 
Ia mengatakan instansinya juga akan membeli sebanyak empat kolam bundar untuk dua pokdakan di daerah ini lalu pembelian pakan ikan lele ini menggunakan sistem order.
 
Ia mengatakan pemerintah setempat memberikan bantuan berbagai sarana dan prasarana budi daya ikan lele mutiara untuk percontohan budi daya ikan lele di daerah tersebut.
 
Dia menyebutkan dua pokdakan tani yang akan mendapatkan kegiatan ini yakni kelompok Muargo di satuan pemukiman V Desa Tirta Makmur dan kelompok Al-Fatah Kelurahan Koto Jaya.
 
Ia menyatakan meskipun bantuan ini berupa kolam, benih dan pakan ini untuk kegiatan pencontohan budi daya perikanan ikan lele, tetapi bantuan ini juga bertujuan untuk pengembangan usaha budi daya perikanan ikan lele di daerah ini.
 
Selama ini dua pokdakan yang tersebar di Kecamatan Air Manjuto dan Kecamatan Kota Mukomuko ini aktif dalam melakukan aktivitas budidaya perikanan air tawar dan menjual hasil produksinya.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif