LPEI beri pembiayaan Rp500 juta ke pelaku UKM binaan. Foto: dok LPEI.
LPEI beri pembiayaan Rp500 juta ke pelaku UKM binaan. Foto: dok LPEI.

LPEI Beri Pembiayaan Rp500 Juta ke Pelaku UKM Binaan

Ekonomi UKM LPEI (Eximbank Indonesia)
Eko Nordiansyah • 04 Desember 2020 19:15
Jakarta: Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) menyalurkan pembiayaan Rp500 juta kepada salah satu pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) binaannya CV Media Mitra Indonesia. LPEI ingin mendorong pelaku usaha berorientasi ekspor untuk naik kelas menjadi eksportir baru yang berdaya saing global.
 
"Upaya ini menjadi komitmen kami dalam rangka mendukung program Pemerintah memulihkan ekonomi nasional," kata Direktur Pelaksana I LPEI Dikdik Yustandi dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 4 Desember 2020.
 
CV Media Mitra Indonesia merupakan salah satu mitra binaan LPEI dan lulusan dari Program Coaching Program for New Exporters (CPNE) pada 2015. Produk unggulan berupa kapuk telah diekspor secara mandiri ke Malaysia, India, Italia, Portugal, Belanda, dan Kanada.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di tengah kondisi pandemi covid-19 ini, permintaan akan kapuk terus meningkat hingga mencapai rata-rata 40 ton per bulan. Oleh karena itu, CV Media Mitra Indonesia membutuhkan dukungan finansial agar permintaan dari para pembeli luar negeri dapat terus terpenuhi.
 
Selain itu, pembiayaan yang diterima CV Media Mitra Indonesia dari LPEI ini juga untuk memperluas jangkauan pangsa pasar ke negara lainnya seperti Prancis dan Amerika Serikat. Langkah ini diharapkan bisa meningkatkan ekspor dan memperluas pangsa ekspornya.
 
Dikdik menambahkan pemberian pembiayaan ini sesuai dengan tugas LPEI berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor 372/KMK.08/2020 tentang Penugasan Khusus Kepada Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia Dalam Rangka Mendukung Sektor Usaha Kecil dan Menengah Berorientasi Ekspor.
 
Meski di masa pandemi seperti sekarang ini, LPEI terus melihat peluang dan potensi produk-produk dari UKM berorientasi ekspor yang dapat didorong untuk menembus pasar global. LPEI menjalankan mandatnya sebagai Special Mission Vehicle di bawah naungan Kementerian Keuangan.
 
"Untuk itu LPEI, tidak hanya memberikan dukungan pelatihan saja, namun disempurnakan dengan dukungan pembiayaan sehingga mereka memiliki amunisi yang mumpuni untuk bersaing di pasar global," pungkas dia.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif