Ilustrasi bendera Tiongkok. Foto: AFP.
Ilustrasi bendera Tiongkok. Foto: AFP.

Top 5 Berita Populer Ekonomi, Apa Saja?

Ekonomi Berita Menarik Ekonomi Sepekan UU Cipta Kerja
Ade Hapsari Lestarini • 26 Oktober 2020 07:21
Jakarta: Berita terpopuler di kanal ekonomi Medcom.id masih menyangkut seputar Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker). Topik ini masih hangat untuk disimak.
 
Selain itu, berita dunia mengenai investasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Tiongkok juga mencuri perhatian pembaca. Berikut lima berita terpopuler di kanal ekonomi Medcom.id sepanjang Minggu, 25 Oktober 2020.

1. BUMN Tiongkok Investasikan Dana USD268,9 Miliar

BUMN yang dikelola secara terpusat di Tiongkok menginvestasikan 1,8 triliun yuan (sekitar USD268,94 miliar) dalam aset tetap pada tiga kuartal pertama. Angka ini naik 11,3 persen dari tahun lalu.
 
Mengutip Xinhua, Minggu, 25 Oktober 2020, pada September, BUMN pusat menginvestasikan 339,17 miliar yuan atau naik 66,7 persen dalam sebulan. Pada kuartal kedua dan ketiga, tingkat pertumbuhan tahun ke tahun dari investasi yang dilakukan oleh BUMN pusat masing-masing mencapai 14,8 persen dan 17,6 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca berita selengkapnya di sini

2. Tambah 'Imunitas', UU Cipta Kerja bagai Vitamin bagi UMKM

Pandemi covid-19 telah membuat para pelaku UMKM putar otak untuk tetap bertahan di tengah pandemi. Salah satunya Asih Wijayanti, pengrajin souvenir dan tas kulit di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.
 
Ia mengakui pemerintah daerah dan pusat sudah banyak membantu memajukan UMKM. Adanya pandemi covid-19 membuat UMKM perlu mendapatkan suntikan imun khusus berupa kebijakan agar UMKM dapat bertahan.
 
Dirinya pun berharap Undang-Undang Cipta Kerja yang baru saja disahkan, bisa menjadi vitamin tambahan untuk UMKM. Menurut dia UMKM dapat terbantu jika pemerintah bisa menyediakan pasar bagi UMKM Tanah Air, terlepas dalam kondisi pandemi ataupun nonpandemi.
 
Baca berita selengkapnya di sini

3. Kawaluso, Pulau Terdepan di Utara Indonesia Akhirnya Menikmati Listrik PLN

PT PLN (Persero) kembali menghadirkan listrik untuk pulau terluar Indonesia. Kali ini sebanyak 217 Kepala Keluarga (KK) yang berada di Pulau Kawaluso dapat menikmati listrik PLN.
 
Pulau Kawaluso merupakan pulau yang berada di sebelah utara Pulau Sangihe, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara yang berhadapan langsung dengan Filipina. Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana mengatakan hadirnya listrik di pulau Kawaluso diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.
 
Baca berita selengkapnya di sini

4. Go Modern Jadi Upaya Pertamina Bina UMKM Mendunia

PT Pertamina (Persero) melalui program kemitraan mendukung upaya pengolahan pangan lokal menjadi produk UMKM yang Go Modern. Salah satu UMKM binaan Pertamina yang berkecimpung dalam dunia bisnis pengolahan pangan lokal adalah Ico Ordiana.
 
Pemilik usaha Gerai Amanah tersebut mengolah berbagai produk lokal yang murah seperti singkong, ubi-ubian, dan aneka macam ikan. "2006 mulai usaha olahan ikan, kemudian merambah ke bahan-bahan lain," kata Diana dalam keterangan tertulis yang dirilis Pertamina, Minggu, 25 Oktober 2020.
 
Berawal dari diversifikasi tersebut, pembinaan Go Modern yang dilakukan Pertamina mulai diterapkan. Go Modern dilakukan untuk mendongkrak daya jual jual. Ia pun mencontohkan salah satu pembinaan yang dilakukan Pertamina adalah perbaikan kemasan yang aman dan bagus.
 
Baca berita selengkapnya di sini

5. PLN Kalbar Resmikan Kemandirian Energi di Perbatasan RI-Malaysia

PLN Kalbar meresmikan kemandirian energi listrik di daerah perbatasan RI-Malaysia di Aruk, Kabupaten Sambas, sebagai komitmen perseroan untuk memberikan layanan kepada masyarakat hingga ke wilayah garda terdepan.
 
"Keinginan untuk melaksanakan kemandirian energi listrik di daerah perbatasan sudah cukup lama, tetapi terkendala dengan rendahnya tegangan di ujung jaringan listrik kami. Beroperasinya GI Sambas sejak Juli 2015 lalu menambah semangat kami untuk dapat menyuplai listrik hingga ke PLBN Aruk, saat ini menjelang Hari Listrik Nasional ke-75 baru terwujud maksimal," ujar General Manager PLN Kalbar, Ari Dartomo, dikutip dari Antara, Minggu, 25 Oktober 2020.
 
Baca berita selengkapnya di sini
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif