Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. Foto: Dok. Kemendag
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. Foto: Dok. Kemendag

Mendag Siap Promosikan Produk Unggulan Ekspor via Virtual

Ekonomi ekspor Kementerian Perdagangan
Ilham wibowo • 20 September 2020 18:47
Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmato menegaskan bahwa agenda tahunan Trade Expo Indonesia (TEI) tetap diselenggarakan untuk peningkatan kinerja ekspor. Penyelenggaraan 2020 akan dimaksimalisasi secara virtual.
 
"Trade Expo Indonesia 2020 akan diselenggarakan secara virtual pada 10-16 November 2020," kata Agus dalam dalam paparannya sebagai Lecture of The Year di Jakarta Marketing Week 2020, Minggu, 20 September 2020.
 
Saat ini, Kemendag tengah menyiapkan fasilitas digital yang akan dimanfaatkan pelaku usaha di Tanah Air yang ingin ekspansi ke luar negeri. Para calon buyer di seluruh dunia juga akan diberikan sosialisasi melalui perwakilan Pemerintah RI di berbagai negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini bertujuan meningkatkan kembali perekonomian Indonesia melalui promosi ekspor di tengah pandemi covid-19," ujarnya.
 
Agus memaparkan bahwa TEI Virtual Exhibition 2020 yang bertaraf internasional ini bertema sustainable trade and digital era. Sebanyak 300 peserta termasuk pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) diperkirakan ikut berpartisipasi.
 
"Pameran virtual ini desain yang dibangun berbasis website dengan tampilan rangkaian gambar 3D dan fitur-fitur interaktif layaknya bermain game. Fitur disediakan dalam menu navigasi yang mengarahkan perjalanan pengunjung menuju virtual exhibition both dan bisnis forum," paparnya.
 
Para buyer dari seluruh dunia bisa langsung berinteraksi secara audio visual kepada peserta pameran maupun percakapan teks. Agus mengharapkan kegiatan pameran perdagangan virtual ini tetap bisa menyamai target peningkatan ekspor seperti dalam kondisi normal.
 
"Selama pameran berlangsung akan diselenggarakan juga kegiatan both visit dan live chat, kemudian virtual bussines matching dan lain-lain," pungkasnya.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif