Ilustrasi. Foto: dok MI.
Ilustrasi. Foto: dok MI.

Pekerja Hotel Bisa Direlokasi ke Sektor Lain Selama Covid-19

Ekonomi hotel virus corona
Antara • 10 Mei 2020 08:15
Jakarta: Pemerintah Indonesia disarankan untuk melakukan realokasi pekerjaan atau jobs reallocation karyawan hotel ke sektor lain bekerjasama dengan pihak swasta agar para karyawan tersebut tetap dapat bekerja serta tidak menganggur selama pandemi covid-19. Hal ini seperti yang dilakukan Singapura.
 
"Di Singapura yang kita lakukan adalah jobs reallocation, jadi banyak sekali karyawan-karyawan kami pada saat ini menjadi pekerja di supermarket," ujar VP Sales Marketing Loyalty Distribution Accorhotels Indonesia Malaysia Singapura, Adi Satria dalam diskusi daring yang dikutip dari Antara, Minggu, 10 Mei 2020.
 
Menurut Adi, karyawan hotel dapat direlokasi menjadi karyawan di supermarket dengan gaji yang tentunya dibantu oleh adanya subsidi dari pemerintah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan, lanjut dia, ada juga karyawan-karyawan Accorhotel di negara tersebut yang bekerja di rumah sakit sebagai penerima tamu, customer service dan sebagainya selama tidak menyangkut tugas-tugas non-medis.
 
"Ini yang kami kerjakan di sana dengan mengkaryakan karyawan-karyawan kami agar tidak mengganggur di rumah. Jobs reallocation ini merupakan kerjasama antara pemerintah dengan swasta, mungkin kita bisa mengusulkan hal tersebut kepada pemerintah Indonesia," kata Adi Satria.
 
Di Singapura sendiri, Accorhotels mengoperasikan 13 ribu kamar dan memiliki jumlah pegawai yang signifikan. Pemerintah Singapura sendiri mengeluarkan subsidi gaji yang bertujuan mensubsidi 75 persen gaji para pekerja, termasuk karyawan hotel.
 
Hal ini tentunya membantu para pelaku bisnis perhotelan di negara tersebut. Subsidi gaji itu dibayarkan oleh pemerintah kepada hotel yang kemudian diberikan kepada karyawan dengan catatan tidak boleh ada PHK.
 
Menurut Adi Satria, ada beberapa contoh yang bisa kita ambil dan pelajari dari kebijakan pemerintah-pemerintah lain terhadap industri pariwisata serta bisa diusulkan penerapannya kepada pemerintah Indonesia.
 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif