Penyekat Portabel. Foto: Dok: Garda
Penyekat Portabel. Foto: Dok: Garda

Penerapan Penyekat Pengemudi Ojek Online Harus Dipercepat

Ekonomi ojek online Kenormalan Baru
Ilham wibowo • 14 Juni 2020 15:14
Jakarta: Pemerintah menetapkan aturan wajib sebagai protokol kesehatan bagi pengemudi ojek online yaitu menggunakan penyekat saat membawa penumpang. Alat tersebut sebagai pelindung diri di samping penggunaan masker dan sarung tangan.
 
Ketua Presidium Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Igun Wicaksono mengatakan bahwa diperlukan percepatan implemetasi protokol kesehatan dalam tatanan kenormalan baru tersebut. Pasalnya aktivitas masyarakat yang menggunakan ojek online cukup besar dan perlunya antisipasi maksimal dari penularan wabah covid-19.
 
"Satu minggu tidak akan bisa kalau harus semua harus pakai penyekat, ojek online ini kan jumlahnya di Indonesia hampir lima juta," kata Igun kepada Medcom.id, Minggu, 14 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Igun mengatakan bahwa butuh waktu satu hingga dua bulan agar para pengemudi ojek online bisa mengenakan penyekat secara menyeluruh. Lamanya waktu implemetasi lantaran produsen produk skala industri yang belum memulai proses produksi.
 
"Juga butuh waktu sosialisasi aturan dan adaptasi dari pengemudi maupun penumpang dengan adanya partisi baru nanti menjalani aturan pada tahap selanjutnya," ujarnya.
 
Keberadaan penyekat atau partisi portabel tersebut kini jadi barang incaran para pengemudi ojek online usai statusnya dimasukkan dalam regulasi protokol kesehatan oleh Kementerian Perhubungan. Menurut Igun, pihaknya juga telah bekerja sama dengan pihak swasta nasional yang mengantongi sertifikasi internasional ISO untuk segera produksi massal.
 
"Kami akan bagikan secara gratis kepada anggota asosiasi Garda, mereka akan mendapatkan partisi portabel secara bertahap. Dalam waktu dekat Garda akan uji coba 100 unit partisi portabel lalu target Garda akan dibagikan sebanyak 10 ribu partisi untuk pengemudi ojek online wilayah DKI Jakarta," ucapnya.
 
Igun telah mensosialisasikan kepada para anggotanya agar memahami pentingnya menggunakan penyekat.  Perusahaan aplikator juga didorong melakukan pengadaan yang bisa dibagikan dengan harga terjangkau atau tanpa biaya.
 
"Baiknya para driver sudah mulai siapkan diri apabila partisi ini sudah mulai didistribusikan di lapangan. Kami juga akan koordinasi apabila disambut oleh perusahaan aplikasinya untuk turut mendistribusikan, jadi partisi ini akan jadi sebuah tren tatanan baru dalam berkendara menggunakan sepeda motor ojek online," paparnya. 
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif