Petani. Foto : MI.
Petani. Foto : MI.

Petani Milenial Harus Punya Banyak Ruang

Ekonomi petani generasi milenial covid-19
Ilham wibowo • 24 September 2020 11:06
Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meminta seluruh jajaran kementeriannya maupun dinas pertanian pemerintah provinsi serta kabupaten/kota memberikan ruang yang lebih besar kepada petani milenial. Kesejahteraan bisa didapat dari produksi pangan.
 
"Kalau para gubernur, para kepala dinas, para bupati dan kepala dinasnya menemukan dan mendorong petani milenial, kekuatan pertanian akan bertambah lebih baik," kata Syahrul dalam pidatonya di peringatan Hari Tani Nasional, Kamis, 24 September 2020.
 
Syahrul mendorong jajaran Pemerintah bidang teknis pertanian menampilkan petani muda dalam setiap pengembang sektor pangan. Pengelolaan usaha pertanian, kata dia, harus segera berubah menghadapi disrupsi pemanfaatan teknologi yang mampu menyelesaikan masalah produktivitas lebih efisien baik sisi kualitas maupun kuantitas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pada Hari Tani Nasional ini saya berharap akan lahir aktor-aktor hebat di dunia pertanian Indonesia di seluruh kabupaten kota," ujarnya.
 
Syahrul menekankan bahwa menjadi petani sangat potensial untuk mendatangkan kesejahteraan bagi kalangan intelektual muda dalam menekuni mata pencaharian. Berbagai contoh sukses kalangan petani milenial telah banyak bermunculan lantaran mendapatkan ruang gerak dan dukungan yang besar.
 
"Kalau di setiap kabupaten di setiap provinsi lahir tokoh milenial tani yang telah hadir di beberapa tempat, yang lain akan ikut tergerak. Ada yang dapat sebulan Rp80 juta, ada yang dapat Rp200 juta, ada yang dapat Rp400 juta dalam satu bulan," paparnya.
 
Inovasi dari petani milenial, lanjut Syahrul, sangat dibutuhkan untuk mencapai kedaulatan pangan. Saat ini, pertanian menjadi satu satunya sektor mampu tumbuh dihadapkan pada tekanan ekonomi akibat pandemi covid-19.
 
"Petani muda itu punya intuisi yang lebih tajam dari kita-kita ini, petani milenial itu punya network yang kadang di luar batas kemampuan memprediksi apa yang dia miliki. Digitalisasi dan pendekatan global telah menyatukan mereka dalam mendunia," ujarnya.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif