Menkeu Sri Mulyani. Foto : Medcom.
Menkeu Sri Mulyani. Foto : Medcom.

Sri Mulyani Tak Masalah dengan Pengetatan PSBB Kembali

Ekonomi Sri Mulyani PSBB
Eko Nordiansyah • 06 Januari 2021 19:12
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku tak masalah dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat yang akan diterapkan pada awal pekan depan. Menurut dia, kebijakan ini pasti akan berdampak kepada perekonomian.
 
Ia menyebut kebijakan penanganan covid-19 di Indonesia memang harus dikelola secara luar biasa. Oleh karena itu, kebijakan gas dan rem yang diterapkan pemerintah akan sangat bergantung pada perkembangan kasus covid-19 yang sekarang ini terus meningkat.
 
"Pasti (pengetatan PSBB) ada dampaknya kepada perekonomian. Namun kalau itu enggak dilakukan dan akan getting worst, maka perekonomian juga akan buruk," kata dia dalam video conference di Jakarta, Rabu, 6 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sri Mulyani menambahkan pemerintah memang tak punya banyak pilihan. Ketika terjadi kenaikan kasus seperti sekarang ini, maka pengetatan kembali PSBB dilakukan agar kasusnya tidak semakin parah yang bisa berdampak ke ekonomi juga makin besar.
 
"Pilihan yang paling baik adalah secepat mungkin semuanya melakukan disiplin. Tadi ada yang di rumah saja disebut work from home, atau kalau Anda melakukan pembelian makanan adalah take away tidak dine in," jelas dia.
 
Tak lupa ia pun mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan. Upaya ini merupakan langkah awal agar penularan covid-19 bisa segera dikurangi.
 
"Pilihannya adalah agar covidnya tetap terkendali dan dampak ekonominya tidak terlalu dalam, atau kalau ekonominya meningkat tidak menyebabkan covidnya menyebar sehingga tidak terkendali," pungkasnya.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif