Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan investasi Luhut Binsar Pandjaitan - - Foto: Medcom/ Annisa Ayu
Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan investasi Luhut Binsar Pandjaitan - - Foto: Medcom/ Annisa Ayu

Bantuan Modal Kerja UMKM Demi Cegah PHK

Ekonomi Kredit UMKM PHK
Suci Sedya Utami • 07 Juli 2020 18:18
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan penyaluran bantuan modal kerja oleh pemerintah demi mencegah bertambahnya jumlah pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Tujuan program ini untuk mencegah terjadinya PHK dan momentum pertumbuhan ekonomi kita," kata Luhut dalam peresmian jaminan kredit modal kerja UMNK, Jakarta, Selasa, 7 Juli 2020.
 
Luhut menyebut pemerintah bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah melakukan program restrukturisasi kredit untuk UMKM dengan nilai sebesar Rp317 triliun untuk 5,3 juta debitur.
 
Selain itu, subsidi bunga juga diberikan untuk 60,6 juta nasabah dengan nilai Rp35 juta. Kemudian penjaminan kredit modal kerja yang akan ditanggung pemerintah sebesar 80 persen dari pinjaman modal kerja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan jaminan yang diberikan pemerintah sebesar Rp5 triliun. Artinya UMKM yang memiliki pinjaman apabila ada kredit macetnya akan dijamin oleh pemerintah.
 
Jaminan itu diberikan melalui PT Askrindo (Persero) dan PT Jamkrindo (Persero). Dua perusahaan pelat merah ini mendapatkan penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp6 triliun untuk mengcover adanya risiko kredit macet dari pinjaman tersebut.
 
"Artinya UMKM bisa bangkit kembali diberikan restrukturisasi untuk pinjaman nggak bayar enam bulan dari sisi pokok, bunga disubsidi semakin kecil, pinjaman subsidi semakin penuh," jelas Ani.
 
Adapun kredit modal kerja yang diberikan yakni sebesar Rp100 triliun. Kredit ini diberikan selama 18 bulan atau hingga tahun 2021 dengan target penyaluran tahun ini sebesar Rp65 triliun hingga Rp80 triliun.

 

(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif