Ilustrasi pameran karya kreatif 2020 - - Foto: Antara/ Puspa Perwitasari
Ilustrasi pameran karya kreatif 2020 - - Foto: Antara/ Puspa Perwitasari

Omzet Penjualan UMKM di KKI 2020 Capai Rp4,86 Miliar

Ekonomi pameran Bank Indonesia UMKM
Husen Miftahudin • 03 September 2020 17:20
Jakarta: Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 Seri I yang digelar Bank Indonesia (BI) pada 28-30 Agustus 2020 mencatat omzet penjualan produk Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebesar Rp4,86 miliar. Adapun produk UMKM yang dijajakan dalam pameran tersebut ialah kain, kerajinan, serta makanan dan minuman.
 
Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko mengatakan dalam KKI 2020 Virtual Seri I juga dilakukanone-on-one meetingberhasil mempertemukan 31 UMKM dengan 16 pembeli potensial (potential buyers) dari Singapura, Italia, Korea Selatan, Jepang, Tiongkok, dan Australia. Termasuk agregator dari Indonesia.
 
"Selama periode setelah KKI 2019 hingga KKI 2020 Virtual Seri I diselenggarakan, BI mencatat kenaikan nilai kesepakatan bisnis (penjualan ekspor, pembiayaan, dan penjualan melaluie-commerce) sebesar 54 persen dibandingkan periode sebelumnya," ujar Onny dalam keterangan tertulis yang dikutip dari laman resmi Bank Indonesia, Kamis, 3 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Onny mengungkapkan komitmen nilai kesepakatan bisnis selama periode pasca-KKI 2019 hingga KKI 2020 Virtual Seri I sebesar Rp113,2 miliar. Komitmen nilai kesepakatan bisnis yang dicetak oleh 328 UMKM dengan para mitra bisnis tersebut disertai penandatanganan kontrak ekspor dan akad kredit UMKM dengan lembaga keuangan.
 
Bank sentral mengharapkan berbagai pencapaian KKI Seri I ini mampu mendorong transformasi digital UMKM dan menjadikan UMKM sebagai sumber kekuatan baru perekonomian nasional untuk Indonesia maju.
 
Di sisi lain, Bank Indonesia juga mencatat jumlah pengunjung KKI di berbagai kanal (melalui Zoom, platform KKI, Youtube, Instagram, hingga Facebook), baik untuk menyaksikan kegiatan aktivasi, maupun pameran, mencapai 28.545 orang.
 
KKI merupakan rangkaian event tahunan yang menampilkan produk-produk UMKM Binaan BI, dengan bersinergi bersama kementerian/lembaga dalam pengembangan UMKM. BI akan kembali menggelar KKI Seri II Sinergi untuk UMKM Digital pada Oktober dan seri III Sinergi UMKM untuk Sahabat Milenial di November 2020.
 
Dalam hal masyarakat ingin melihat produk UMKM Binaan BI, Bank Indonesia tetap menyediakan menu katalog pada lamanwww.karyakreatifindonesia.co.id. "Ke depan, BI akan selalu berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM agar dapat menjadi tulang punggung perekonomian daerah dan nasional, serta bersinergi dengan berbagai kementerian dan lembaga," tutup Onny.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif