Ilustrasi. FOTO: MI/Bagus Suryo
Ilustrasi. FOTO: MI/Bagus Suryo

Solusi PLN Menerangi 433 Desa yang Belum Teraliri Listrik

Ekonomi listrik pembangkit listrik pln
Eko Nordiansyah • 04 April 2020 10:53
Jakarta: PT PLN (Persero) mengaku siap untuk memberikan solusi bagi 433 desa yang hingga saat ini belum teraliri listrik. PLN menilai sulitnya akses hingga faktor keamanan menjadi alasan sebanyak 433 desa di Papua, Papua Barat, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur (NTT) belum menikmati listrik.
 
Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan pihaknya harus menentukan titik koordinat keberadaan desa tersebut. Setelahnya PLN harus melihat sebaran penduduknya untuk bisa menghitung berapa beban listrik dan beban yang harus dipasang oleh PLN.
 
"Untuk itu kita gunakan tabung listrik, yaitu talis. Umur daripada talis ini sekitar 15 tahun tapi kan ini harus di-charge, harus diisi ulang, pembangkitnya harus lokal di setiap desa menggunakan potensi setempat," kata dia dalam Prime Talk Metro TV di Jakarta, Sabtu, 4 April 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan ada banyak potensi pembangkit listrik yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kemampuan masing-masing desa. Bisa dengan menggunakan tenaga surya, mikrohidro, pikohidro, atau pun biomassa sebagai pembangkit listrik di wilayah tersebut.
 
"Lalu kami harus membangun stasiun energi listrik di setiap klaster sebaran supaya warga tidak perlu berjalan terlalu jauh. Namun kami tidak bisa bekerja sendiri karena ada salah satunya permasalahan keamanan di sana," jelas dia.
 
Untuk mengatasinya PLN bekerja sama dengan TNI. Bukan hanya itu, PLN juga bekerja sama dengan Kementerian ESDM, Kementerian Desa, hingga pemerintah daerah setempat. Tujuannya agar program ini bisa dilaksanakan dengan baik, dan masyarakat bisa mendapatkan manfaatnya.
 
"Kemendes dan pemda akan menganggarkan pengadaan talis, sedangkan PLN akan menganggarkan pembangkit dan stasiun pengisian. Kenapa Kemendes dan pemerintah daerah? Karena listrik desa bukan semata-mata bukan menghadirkan listrik," pungkasnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif