Ilustrasi Indomaret. Antara/Wahyu Putro
Ilustrasi Indomaret. Antara/Wahyu Putro

Kemnaker: Sengketa Indomaret Selesai Lewat Musyawarah

Ekonomi Tenaga Kerja Ritel tunjangan hari raya serikat pekerja Kemenaker berita kemenaker
Surya Perkasa • 04 Juni 2021 18:33
Jakarta: Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) berhasil menjembatani sengketa perburuhan antara PT Indomarco Prismatama dengan pekerjanya. Sengketa perusahaan dengan serikat pekerja Indomaret kelar dengan pendekatan musyawarah dan mufakat.
 
"Pemerintah selalu mendorong musyawarah mufakat untuk mencari solusi terbaik dalam setiap penyelesaian kasus ketenagakerjaan," kata Direktut Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kemnaker (Dirjen PHI JSK) Indah Anggoro Putri melalui keterangan tertulis, Jumat, 4 Juni 2021.
 
Kemnaker memiliki kepedulian dan sensitivitas terhadap masalah hubungan industrial akibat dampak pandemi covid-19. Dia meminta agar setiap perusahaan dan pekerja mengedepankan penyelesaian secara bipartit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengertian dan kesepahaman untuk melahirkan kesepakatan damai yang saling menguntungkan, kata Putri, sangat dibutuhkan di saat perekonomian terganggu. Putri berharap kasus perusahaan dan pekerja Indomaret dijadikan pengalaman.
 
"Ini sebagai contoh bahwa di masa sulit apapun pekerja dan pengusaha selalu menempuh dialog," kata dia.
 
Baca: Kemnaker Minta Indomaret Cari Win-win Solution untuk Kasus Anwar Bessy
 
Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi mengapresiasi Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal yang telah berkontribusi lewat imbauan ke seluruh buruh. Terutama untuk menghentikan kampanye dan aksi boikot Indomaret.
 
Anwar juga memuji PT Indomarco Prismatama yang telah berkomunikasi dengan pekerjanya untuk menjaga hubungan industrial. "Ini contoh bagus di saat sulit. Kedua pihak masih mampu menyelesaikan dialog sosial dengan harmonis, " kata Anwar.
 
Sebelumnya, Said Iqbal mengatakan konflik antara manajemen PT Indomarco Prismatama (Indomaret) dan mantan karyawannya, Anwar Bessy, berakhir damai. Manajemen Indomaret dan Anwar Bessy yang diwakili FSPMI dan KSPI telah mencapai kata sepakat.
 
"Kami berterima kasih kepada Dirjen PHI Kemnaker yang sudah mengambil langkah dari kasus ini sejak awal," tutur Said Iqbal.
 
(SUR)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif