Ilustrasi kedatangan wisatawan mancanegara di Bandara Ngurah Rai - - Foto: MI/ Rommy Pujianto
Ilustrasi kedatangan wisatawan mancanegara di Bandara Ngurah Rai - - Foto: MI/ Rommy Pujianto

Lagi, Pemerintah Perketat Kedatangan dari Luar Negeri

Ekonomi WNA Luhut Pandjaitan pandemi covid-19 Penularan covid-19 Varian Baru Covid-19
Antara • 27 September 2021 22:23
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan memastikan kedatangan luar negeri diperketat guna mencegah penyebaran covid-19. Khususnya kemunculan varian baru covid-19 dari negara-negara yang memiliki kecenderungan penularan tinggi.
 
"Kedatangan orang asing juga kami lakukan pengetatan untuk orang dari daerah-daerah yang kita anggap punya kecenderungan tinggi atau level 4, istilah kita," katanya dalam konferensi pers daring, Senin, 27 September 2021.
 
Ia menyebut sejumlah negara yang dinilai memiliki potensi penularan tinggi yakni Amerika Serikat dan Turki. "Terdapat beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Turki, itu juga dalam kategori cukup tinggi," imbuhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Luhut pun memastikan proses karantina selama 8 hari untuk mereka yang baru datang dari luar negeri tetap dilakukan berdasarkan saran epidemiolog.
 
"Karena hasil epidemiolog, itu dua hari kelihatan reaksi kalau dia (seseorang) kena varian delta ini. Kita masih cukup oke dengan (ketentuan) itu," terangnya.
 
Sebagai langkah antisipasi, pemerintah juga akan mengatur jadwal kedatangan penerbangan dari luar negeri. Hal itu dilakukan untuk mencegah penumpukan dan berpotensi menyebabkan penularan.
 
"Penerbangan yang datang dari luar negeri akan diatur kedatangannya supaya tidak terjadi penumpukan. Ini untuk menghindari juga hal lain," pungkas Luhut.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif