BPS. Foto : MI.
BPS. Foto : MI.

BPS Catat Inflasi 0,03% pada Agustus 2021

Ekonomi Inflasi BPS Ekonomi Indonesia
Eko Nordiansyah • 01 September 2021 12:13
Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat perkembangan harga pada Agustus 2021 mengalami inflasi sebesar 0,03 persen. Inflasi pada Agustus lalu mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 0,08 persen.
 
"Tingkat inflasi di Agustus 2021 ini terlihat masih sangat terkendali yaitu sebesar 0,03 persen secara month to month (mtm)," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto dalam video conference di Jakarta, Rabu, 1 September 2021.
 
Ia menambahkan dengan perkembangan ini inflasi secara tahun kalender atau year to date (ytd) tercatat sebesar 0,84 persen. Sementara inflasi tahun ke tahun atau year on year (yoy) pada Agustus 2021 adalah sebesar 1,59 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari 90 kota IHK yang kita monitor pergerakan harganya, terdapat 34 kota yang mengalami inflasi, sedangkan sisanya yaitu 56 kota mengalami deflasi," ungkapnya.
 
Inflasi terendah terjadi di Tanjung sebesar 0,01 persen dan inflasi tertinggi terjadi di Kendari sebesar 0,62 persen. Tingginya inflasi di Kendari disebabkan oleh kenaikan harga ikan seperti ikan layang, ikan benggol, ikan kembung, ikan selar, maupun ikan teri.
 
Setianto mengungkapkan, untuk kota-kota yang mengalami deflasi terendah tercatat ada di Meulaboh, Sukabumi, dan Timika dengan masing-masing sebesar minus 0,03 persen. Sementara deflasi tertinggi terjadi di Sorong, yaitu minus 1,04 persen.
 
"Kota yang mengalami deflasi tertinggi di Sorong sebesar minus 1,04 persen. Kalau kita amati komoditas yang menyebabkan deflasi tinggi ini ada ikan kembung, tarif angkutan udara, cabai rawit, kangkung, dan sawi hijau," pungkas dia.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif