Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

MPR Dorong Pemerintah Lanjutkan Program Kartu Prakerja

Ekonomi Ekonomi Indonesia Kartu Prakerja
Angga Bratadharma • 05 Desember 2020 15:05
Jakarta: Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah dapat terus melanjutkan Program Kartu Prakerja pada tahun-tahun mendatang. Upaya itu tentu diikuti pemetaan keahlian serta kurikulum pelatihan yang terarah dan relevan dengan keperluan industri.
 
"Di samping peserta program kartu prakerja untuk dapat lebih berinovasi, mengingat dengan bekal pelatihan tersebut peserta Kartu Prakerja bisa lebih mudah mencari kerja," kata Bamsoet, sapaan akrabnya, dalam keterangan resminya, Sabtu, 5 Desember 2020.
 
Pernyataan Bamsoet seiring munculnya tantangan disrupsi di bidang ketenagakerjaan yang harus bisa dijawab oleh program Kartu Prakerja melalui pelatihan yang lebih efektif. Karenanya, ia juga mendorong pemerintah melakukan upgrade pada program Kartu Prakerja, dengan terlebih dahulu mengevaluasi dua hal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dua hal yang dimaksudkan yaitu kelas pelatihan dalam jaringan yang ditawarkan dan target sasaran peserta program. Kondisi tersebut mengingat Indonesia memasuki era revolusi industri sehingga pelatihan yang diberikan tidak cukup hanya berupa pelatihan daring jangka pendek saja.
 
Lebih lanjut, ia mendorong agar pendekatan pelatihan Kartu Prakerja mulai dialihkan ke pelatihan luar jaringan dengan waktu yang lebih lama dan intensitas pelatihan yang tinggi. Kondisi itu perlu mengingat saat ini dunia usaha tidak butuh sekadar sertifikat dari pelatihan daring, tetapi dibutuhkan pengalaman praktik atau skill di bidang tertentu.
 
"Mendorong pemerintah terus mengevaluasi pelaksanaan program Kartu Prakerja secara berkala, khususnya terkait penerima manfaat agar pemerintah dapat terus mengupayakan tata kelola yang baik, transparan dan akuntabel," pungkasnya.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif