Ilustrasi PLN - - Foto: dok Antara
Ilustrasi PLN - - Foto: dok Antara

PLN Gaet Startup Gantikan Pembangkit Diesel

Ekonomi pembangkit listrik PLN startup
Suci Sedya Utami • 13 Agustus 2020 12:36
Jakarta: PT PLN (Persero) berencana mengganti pembangkit diesel dengan pembangkit energi yang lebih ramah lingkungan. Rencana tersebut bakal direalisasikan dengan menggandeng sejumlah perusahaanstartup.
 
Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan perusahaan listrk pelat merah ini ingin mengurangi ketergantungan terhadap diesel. Pasalnya penggunaan diesel atau solar membuat impor membengkak. Lagi pula sebagian pembangkit diesel milik PLN juga sudah berusia lebih dari 15 tahun.

 
"Inilah saatnya kita mengganti diesel-diesel tersebut dengan pembangkit lain, ganti dengan energi baru terbarukan. Kami akan buka kesempatan bagi perusahaan-perusahaan (startup) untuk mengajukan usulan mengganti pembangkit-pembangkit tersebut," kata Zulkifli dalam webinar milenial energi, Rabu, 13 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Zulkifli pun menunggu usulan dari perusahaan-perusahaan rintisan milenial seperti menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), pembangkit listrik tenaga bayu atau angin, atau penggabungan energi surya yang disertai dengan modul baterai.

Sebab, keberadaan baterai tersebut penting agar energi surya yang digunakan tidak hanya bisa dimanfaatkan pada siang hari. Namun, energi dapat tersimpan di dalam baterai dan bisa dimanfaatkan pada malam hari.
 
"Kita nggak ingin gunakan PLTS di siang hari namun di malam harinya kita gunakan diesel lagi, kita ingin hilangkan dieselnya sama sekali. Beberapa bulan ke depan kita akan buka tender terhadap inovasi mengganti diesel dengan sumber energi lain," jelas Zulkifli.

 
(Des)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif