Ilustrasi perdagangan ekspor. Foto : MI.
Ilustrasi perdagangan ekspor. Foto : MI.

Terobosan Tertib Ukur Buatan Kemendag Raih Penghargaan Internasional

Ekonomi konsumen Kementerian Perdagangan
Ilham wibowo • 26 Oktober 2020 11:41
Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendapat penghargaan dari Organization Internationale de Metrologie Legale (OIML) dalam penerapan sistem tertib ukur. Upaya perlindungan konsumen yang melibatkan komunitas masyarakat jadi penilaian.
 
Penghargaan diberikan oleh Asia Pasific Legal Metrology Forum (API MF) pada pertemuan ke-55 Committee Internationale de Metrologie Legale (CIML) secara virtual. Kontribusi dan terobosan yang dilakukan Direktorat Jenderal Perlindungan konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kemendag telah diwujudkan pada program bermana tukang uji timbangan (Kang Ujang).
 
Kang Ujang tersebut merupakan inovasi Direktorat Metrologi dalam membangun metrologi legal di Indonesia. Program ini melibatkan komunitas masyarakat untuk memeriksa alat ukur, takar timbang, dan perlengkapannya (UTTP) telah tersertifikasi kompetensi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Suatu kebanggan bagi Indonesia karena ini merupakan pertama kalinya berhasil meraih penghargaan OIML Award. Kami mengucapkan terima kasih dan masih akan terus melakukan terobosan dan inovasi dalam membangun metrologi legal di Indonesia lebih baik lagi," kata Direktur PKTN Veri Anggrijono melalui keterangan tertulisnya, Senin, 26 Oktober 2020.
 
Penghargaan tersebut diberikan atas upaya-upaya yang telah dilakukan Indonesia dalam menyelenggarakan kegiatan metrologi legal melalui kolaborasi pemerintah dan masyarakat, serta terobosan yang dilakukan untuk mengedukasi masyarakat.
 
Veri menambahkan pada 2020 Indonesia dinominasikan atas inovasi memperkenalkan metrologi dengan cara yang menarik dan mudah dikenal melalui kolaborasi pemerintah dan masyarakat. Nominasi diusulkan oleh organisasi-organisasi metrologi legal regional.
 
Adapun OIML Award diberikan untuk negara-negara anggota OIML yang memiliki perkembangan metrologi legal yang baik. Indonesia sendiri merupakan negara anggota tetap OIML sejak 1960 dari 124 negara yang ikut terlibat.
 
Direktur Metrologi Rusmin Amin berharap Direktorat Metrologi dapat menjadi panutan bagi unit metrologi legal kabupaten/kota dalam hal pengembangan inovasi, kreativitas, dan kolaborasi dalam meningkatkan peran serta masyarakat sebagai bagian penyelenggaraan kegiatan metrologi dan mewujudkan tertib ukur.
 
"Ke depan, Direktorat Metrologi akan terus menggandeng unit metrologi legal kabupaten/kota untuk membangun dan mengenalkan metrologi legal di daerah agar dapat mewujudkan perlindungan konsumen dan pelaku usaha yang berdaya secara menyeluruh," pungkas Rusmin.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif