Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo - - Foto: Medcom/ Eko Nordiansyah
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo - - Foto: Medcom/ Eko Nordiansyah

BI: Milenial Jadi Sumber Kekuatan UMKM Indonesia

Ekonomi Bank Indonesia UMKM generasi milenial
Husen Miftahudin • 20 November 2020 15:20
Jakarta: Bank Indonesia (BI) optimistis generasi milenial memiliki potensi besar untuk menjadi motor penggerak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) baru atau 'New UMKM' sebagai kekuatan perekonomian RI. Milenial yang mencintai produk dalam negeri menjadi potensi pasar yang besar bagi UMKM Indonesia.
 
Gubernur BI Perry Warjiyo menyampaikan bahwa milenial yang memiliki jiwa tangguh dan budaya kewirausahaan yang tinggi menjadi sumber dalam penciptaan wirausaha milenial (millenial preneur) baru yang unggul menuju pasar global. Hal ini sejalan dengan pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri III dengan tema UMKM Sahabat Milenial.
 
"Tema Pameran KKI Seri III merupakan harapan sekaligus optimisme terhadap kiprah pelaku wirausaha milenial untuk turut meningkatkan kesejahteraan bangsa dan perekonomian di masa depan," ujar Perry saat memberi kata sambutan pada pembukaan KKI Seri III secara virtual di Jakarta, Jumat, 20 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Perry, tema UMKM Sahabat Milenial merupakan tindak lanjut atas arahan Presiden Joko Widodo pada pembukaan KKI 2019 yang bertujuan untuk mendorong produk UMKM ke pasar digital dan merambah pasar luar negeri.
 
Dia bilang, KKI yang diselenggarakan setiap tahun merupakan wujud nyata dan komitmen kuat bank sentral dalam memajukan sektor UMKM di Indonesia. Dalam hal ini, BI bersinergi dengan pemerintah dan berbagai pengawal kepentingan untuk terus mengembangkan UMKM.
 
Setidaknya ada tiga pilar yang diterapkan BI dan pihak-pihak terkait lainnya dalam pengembangan UMKM di Indonesia. Pilar pertama korporatisasi, hal ini menjadi upaya untuk penguatan kelembagaan UMKM.
 
Pilar kedua pengembangan kapasitas yang diarahkan untuk peningkatan kemampuan UMKM dalam penciptaan nilai tambah, termasuk melalui digitalisasi. Pilar ketiga pembiayaan untuk perluasan akses keuangan UMKM.
 
"Dalam era kenormalan baru ini, akselerasi digitalisasi menjadi solusi untuk menjadikan UMKM Indonesia menjadi 'New UMKM' sebagai sumber pertumbuhan baru ekonomi kita menuju Indonesia Maju," harap Perry.

 
Pameran KKI merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang menampilkan produk-produk UMKM binaan BI, dengan bersinergi bersama kementerian/lembaga dalam pengembangan UMKM. Pameran KKI Seri III berlangsung pada 20-22 November 2020 dan merupakan seri terakhir yang menutup seluruh rangkaian kegiatan Pameran KKI di 2020.
 
Adapun KKI Seri I dilaksanakan pada 28-30 Agustus 2020 dengan mengangkat tema Sinergi untuk UMKM Ekspor. Sedangkan KKI Seri II bertemakan Sinergi untuk UMKM Digital yang diselenggarakan pada 7-9 Oktober 2020.
 
KKI 2020 Seri III ini diikuti oleh 379 UMKM binaan BI yang terdiri atas 127 pengrajin kain, 75 kerajinan, dan 177 makanan minuman olahan. Ke depan, BI akan selalu berkomitmen untuk bersinergi dengan berbagai kementerian dan lembaga untuk terus mengembangkan UMKM agar dapat menjadi tulang punggung perekonomian daerah dan nasional.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif