ilustrasi mall - - Foto: Wikipedia
ilustrasi mall - - Foto: Wikipedia

Rencana Pembukaan Mal Bisa Jadi Blunder

Ekonomi Pemulihan Ekonomi Kenormalan Baru Pusat Perbelanjaan
Eko Nordiansyah • 28 Mei 2020 10:59
Jakarta: Rencana membuka kembali pusat perbelanjaan di tengah pandemi dinilai bisa menjadi blunder. Sebab kebijakan tersebut terlalu prematur dan akan berdampak negatif ke perekonomian.
 
"Sekarang mal mau dibuka 5 Juni, tapi masyarakat menengah atas masih khawatir tertular virus karena grafik covid-nya masih naik kan blunder," kata Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira kepada Medcom.id di Jakarta, Kamis, 28 Mei 2020.
 
Kebijakan tersebut, justru merugikan para tenant karena harus membayar sewa. Sementara pemasukan tetap rendah karena minat masyarakat ke mal masih sedikit. Untuk itu pemerintah diminta menekan kurva covid-19 sebelum masuk ke fase kenormalan baru (new normal).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan Indonesia bisa meniru negara lain yang telah lebih dulu berhasil menekan angka kasus covid-19. Misalnya Vietnam yang berhasil mengendalikan covid-19 sehingga aktivitas masyarakat bisa kembali normal.
 
"Di banyak negara yang bisa dicontoh misalnya Vietnam indikatornya jelas, angka kematian nol baru dilonggarkan toko dan pusat perbelanjaannya. Kalau Indonesia tidak mencermati sisi kesehatan, pemulihan ekonomi akan berjalan lebih lama," ungkap dia.

 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebelumnya menyebut pemerintah belum berencana mengizinkan pembukaan mal di DKI Jakarta pada 5 Juni 2020. Pemerintah masih akan mengevaluasi efektivitas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
 
"DKI Jakarta masih PSBB sampai 4 Juni 2020, sehingga belum ada rencana lain, menunggu PSBB dua pekan ini," kata Airlangga, seusai rapat terbatas melalui telekonferensi di Jakarta, dikutip dari Antara, Rabu, 27 Mei 2020.
 
Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat sebelumnya juga mengeluarkan keterangan mengenai daftar 60 mal yang akan kembali buka pada Jumat, 5 Juni 2020, dan empat mal yang buka pada Senin, 8 Juni 2020.
 
"Data mal anggota APPBI DKI Jakarta yang akan buka kembali (new normal) berdasarkan Pergub Nomor 489 Tahun 2020," katanya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, 27 Mei 2020.

 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif