Ilustrasi Kartu Prakerja - - Foto: Medcom
Ilustrasi Kartu Prakerja - - Foto: Medcom

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang IV Resmi Dibuka

Ekonomi Kartu Prakerja
Desi Angriani • 08 Agustus 2020 12:37
­­Jakarta: Pendaftaran gelombang IV program kartu prakerja resmi dibuka. Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui website resmi kartu prakerja (prakerja.go.id) mulai Sabtu, 8 Agutus 2020.
 
Dalam gelombang keempat tersebut, pemerintah menambah jumlah penerima kartu prakerja menjadi 800 ribu orang. Pendaftaran kini juga bisa dilakukan secara luring.
 
Penambahan kuota peserta ini sesuai dengan ketentuan baru dalam Peraturan Menteri Koordinator bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini ada 456.265 peserta yang telah dinyatakan lolos untuk kartu prakerja di gelombang I dan II. Jumlah tersebut masih ditambah sekitar 224 ribu peserta yang diterima pada gelombang III, sehingga total sudah ada sekitar 680 ribu peserta kartu prakerja.
 
Namun dari jumlah tersebut, baru 390 ribu peserta yang telah menyelesaikan pelatihannya. Penyelesaian pelatihan menjadi syarat peserta bisa menerima insentif sebesar Rp600 ribu per bulan selama empat bulan.
 
Baca juga: Pemerintah Tetapkan Aturan Baru Pelatihan Kartu Prakerja
 
Untuk mencairkan insentif pasca-pelatihan, para peserta diharuskan memverifikasi data diri dengan mitra pembayaran baik melalui BNI, LinkAja, OVO, maupun Gopay. Nama dan NIK peserta harus sama dengan yang terdaftar di akun pembayaran yang diinginkan.
 
Pemerintah menargetkan pembukaan pendaftaran hingga November 2020 untuk menjaring 5,6 juta peserta. Anggaran program ini mencapai Rp20 triliun.
 
Dalam pelaksanaannya, setiap peserta mendapat total dana Rp3,55 juta. Rinciannya, sebesar Rp1 juta untuk biaya pelatihan, lalu insentif totalnya Rp2,4 juta atau Rp600 ribu per bulan yang diberikan selama empat bulan, serta insentif survei kebekerjaan sebesar Rp150 ribu.
 
(Des)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif