Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

NasDem Dorong RUU Ciptaker Segera Disahkan

Ekonomi Omnibus Law
Anggi Tondi Martaon • 12 Agustus 2020 18:42
Jakarta: Fraksi NasDem di DPR meminta Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker) segera disahkan. Sebab, regulasi sapu jagat itu dianggap sebagai salah satu terobosan perekonomian Indonesia.
 
"Pembahasan omnibus law (RUU Ciptaker) memang perlu segera diselesaikan karena menjadi terobosan ekonomi secara nasional dan harus direspons secara cepat," kata Ketua Fraksi NasDem Ahmad Ali dalam keterangan tertulis, Rabu, 12 Agustus 2020.
 
RUU Ciptaker sangat dibutuhkan. Regulasi tersebut dianggap sebagai obat manjur menghadapi krisis global pasca pandemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bagi kami di Fraksi Partai Nasdem omnibus law merupakan jalan keluar yang paling tepat dilakukan pemerintah dan solusi menghadapai krisis ekonomi secara global pasca pandemi," kata dia.
 
Wakil Ketua Umum DPP NasDem itu menyebut RUU Ciptaker memberikan banyak keuntungan bagi perekonomian Indonesia. Di antaranya menarik investasi masuk ke Indonesia.
 
"Jika banyak investasi di Indonesia, maka akan semakin banyak tenaga kerja yang bisa diserap," kata dia.
 
Meski dianggap memberikan banyak keuntungan, kata dia, pembahasan RUU Ciptaker tetap menuai kritik. Terutama protes yang disampaikan oleh buruh dan kelompok lainnya.
 
Baca: Legislator Ngotot RUU Ciptaker Dibahas di Masa Reses
 
Dia mafhum pembahasan RUU Ciptaker menuai pro kontra. Silang pendapat yang terjadi merupakan hal biasa dalam pembahasan aturan.
 
Dia menjamin aturan yang menuai kritik sudah diselesaikan. Pemerintah sudah melakukan berbagai pertemuan untuk mencari jalan tengah polemik yang ada.
 
"Pasal- pasal tersebut juga sudah clear dibahas dengan melibatkan organisasi dan perwakilan buruh serta anggota parlemen," ujar dia.
 
DPR melalui Badan Legislasi (Baleg) secara maraton membahas RUU Ciptaker. Bahkan, pembahasan dilakukan selama masa reses.
 
Hal ini dilakukan untuk mengefektifkan waktu yang tersedia. Jika tidak dilakukan, pembahasan RUU Ciptaker dikhawatirkan memakan waktu lama.
 
(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif