Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto : MI.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto : MI.

Erick Thohir Klaim Persiapan Arus Balik Berjalan Baik

Ekonomi BUMN arus balik Kementerian BUMN Erick Thohir
Annisa ayu artanti • 04 Mei 2022 15:13
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengeklaim pemerintah akan mempersiapkan arus balik lebaran Idulfitri berjalan dengan baik. Dia bilang, dalam momen Idulfitri tak hanya arus mudik saja yang menjadi penting, tetapi juga arus balik.
 
"Melayani masyarakat adalah hal yang terus kita jaga. Kerja sama dari TNI, Polri, pemerintah pusat, daerah juga terus bersinergi dan kolaborasi," ujar Erick saat meninjau persiapan arus balik di Pelabuhan Panjang di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy pada Rabu, 4 Mei 2022.
 
Menurutnya, berkat sinergitas antara Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan proses arus mudik dan arus tahun ini dapat berjalan lancar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia juga mengungkapkan arus balik memiliki tantangan yang berbeda dibandingkan dengan arus mudik, terutama ketika berakhirnya masa cuti bersama Lebaran 2022 pada Jumat, 6 Mei 2022.  
 
"Sejak awal, saya meminta BUMN mendukung Kemenhub dalam mewujudkan arus mudik dan balik yang aman dan sehat. BUMN dan Kemenhub terus berkoordinasi secara intensif dalam mengantisipasi sejumlah dinamika yang terjadi di lapangan," ucapnya.
 
Adapun pada arus balik ini, Erick menyebutkan, Kementerian BUMN mengoperasionalkan Pelabuhan Panjang menjadi pelabuhan alternatif bagi para pemudik. PT Pelni (Persero) telah menyiapkan dua kapal untuk membantu perjalanan pemudik dari Pelabuhan Panjang ke Pelabuhan Ciwandan, Banten.
 
"Kita berharap Pelabuhan Panjang mampu mengantisipasi lonjakan penumpang di Pelabuhan Bakauheni pada arus balik Lebaran ini," pungkasnya.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif