Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Optimalkan Pengelolaan ASN, Taspen Bersinergi dengan Negara-negara di Asia

Ekonomi Taspen ASN pandemi covid-19
Husen Miftahudin • 25 November 2021 22:34
Jakarta: PT Taspen (Persero) terus mengoptimalkan sinergitas dengan berbagai pihak demi memberikan pelayanan yang terbaik. Sinergi ini diwujudkan dengan menjadi perwakilan Indonesia dalam acara Asian Civil Service Pension Forum (ACSPF) yang dilaksanakan secara hybrid di Jeju, Korea Selatan oleh Government Employee Pension Service (GEPS).
 
"Banyak inovasi berkelanjutan yang sudah Taspen lakukan di tahun 2021, terutama selama masa pandemi covid-19. Inovasi-inovasi digitalisasi layanan ini adalah sebuah bentuk dari continuous improvement Taspen untuk selalu memberikan yang terbaik untuk para peserta," kata Direktur Utama Taspen ANS Kosasih dalam siaran persnya, Kamis, 25 November 2021.
 
CEO of GEPS Hwang Seo Chong mengharapkan kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi para negara-negara di Asia untuk menjalin hubungan baik, memahami tren terbaru reformasi pengelolaan jaminan sosial Aparatur Sipil Negara (ASN), menemukan penyelesaian masalah bersama-sama, dan menerapkan strategi terhadap keberlanjutan sistem pembayaran pensiun ASN terutama di tengah situasi pandemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Taspen merupakan BUMN yang mengelola jaminan sosial bagi para ASN dan pejabat negara di Indonesia dengan empat program yang terdiri dari Program Tabungan Hari Tua (THT), Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian.
 
"Memiliki pengalaman lebih dari 58 tahun, Taspen terus melakukan inovasi layanan untuk kemudahan para pesertanya, dan tetap fokus dalam melayani ASN, pejabat negara, dan non ASN pada instansi pemerintah," paparnya.
 
Selama masa pandemi, Taspen menerapkan layanan digital untuk memudahkan peserta, salah satunya dengan menghadirkan digital otentikasi. Layanan ini memungkinkan peserta melakukan otentikasi melalui smartphone dan mengambil hak pensiun langsung melalui ATM.
 
Untuk menghindari penularan covid-19, Taspen meluncurkan layanan berbasis daring yang meliputi Taspen One-hour Online Service, layanan E-Klim, Tcare, dan Otentikasi Digital. Peserta pensiunan dapat mengakses layanan Taspen melalui e-klim.taspen.co.id dan tcare.taspen.co.id untuk mengunduh formulir klaim, mengajukan pertanyaan, dan keluhan.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif