Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin.

Ridwan Kamil Ungkap Alasan Jabar Punya Daya Tarik Investasi Digital

Ekonomi ridwan kamil investasi Ekonomi Digital
Nia Deviyana • 29 November 2021 19:25
Jakarta: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan sejumlah alasan wilayahnya kerap menjadi tujuan investasi, termasuk di bidang ekonomi digital. Dia bilang, kunci menarik investasi karena pihaknya tidak menerapkan strategi 'jaga warung', melainkan menerapkan strategi 'ketok pintu' dengan melakukan interaksi dengan investor.
 
Dalam menarik investasi digital, lanjut dia, pemerintah Jabar juga mengadakan investment summit dan sebagainya. Emil, begitu dia disapa, mengeklaim investasi jumbo di bidang data center dan cloud computing di Jawa Barat berasal dari perusahan IT ternama yaitu Amazon dengan nilai di atas Rp20 triliun, diikuti Microsoft.
 
"Kenapa investasi di Jawa Barat selalu nomor satu? Karena infrastrukturnya dianggap terbaik, produktivitas SDM dan pelayanan investasinya yang mudah. Sekarang kami sedang fokus ada inklusif ekonomi digital, sehingga investasi mengalir tak hanya di Bandung Raya dan wilayah sekitar, tapi juga di pedesaan atau desa digital," kata Emil dalam webinar Regional Summit 2021 bertajuk Kolaborasi Tumbuhkan Ekonomi Digital di Daerah, Senin, 29 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya di bidang e-commerce, konsep industri 4.0 harapannya juga bisa diterapkan pada kegiatan masyarakat pedesaan seperti di perkebunan dan peternakan yang sudah bisa menggunakan internet of thing (IoT). Dalam mendukung desa digital, pihaknya juga bekerja sama dengan pemain e-commerce, memfasilitasi setiap balai desa dengan perangkat komputer.
 
Sehingga bagi warga yang ingin melakukan jual-beli, bisa mendaftar sebagai merchant dan memperluas penjualannya melalui kanal online.
 
"Sehingga dengan adanya ekonomi digital, ada prinsip tinggal di desa, rejeki di kota, bisnis mendunia," pungkas Emil.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif