Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. FOTO: Setkab/Jay/Humas
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. FOTO: Setkab/Jay/Humas

Mentan Yakin Kegiatan IPDMIP Genjot Produktivitas Pertanian

Ekonomi pertanian Petani Kementerian Pertanian
Antara • 19 September 2021 08:51
Depok: Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo optimistis kegiatan Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project (IPDMIP) berjalan maksimal. Kegiatan itu juga diharapkan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat perdesaan, dengan produktivitas pertanian terus meningkat, khususnya di daerah irigasi.
 
"Pendapatan petani harus terus naik sehingga kesejahteraan petani juga meningkat,” kata Mentan Syahrul, dilansir dari Antara, Minggu, 19 September 2021.
 
Mentan mengingatkan bahwa sektor pertanian adalah 'emas 100 karat'. Menjanjikan dan tak pernah ingkar janji sehingga sangat prospektif untuk digeluti. "Terutama para pemuda dan milenial. Kita gerakan pertanian Indonesia, masa depan pertanian kita ada pada mereka," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal senada diungkapkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) Dedi Nursyamsi. Menurutnya, IPDMIP harus berperan mendorong proses transformasi dari sistem pertanian tradisional menjadi modern. Untuk itu, SDM-nya harus digarap lebih dahulu.
 
"Mereka adalah petani, penyuluh, petani milenial melalui pelatihan,” kata Dedi.
 
Sistem pertanian tradisional, katanya, dicirikan oleh produktivitas yang rendah, penggunaan varietas lokal, dikerjakan secara manual atau dengan bantuan tenaga ternak. Sistem pertanian ini belum memanfaatkan mekanisasi pertanian serta Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
 
“Pertanian modern dicirikan masifnya varietas berdaya hasil tinggi, menerapkan mekanisasi dan pemanfaatan teknologi era industri 4.0,” kata Dedi.
 
Program ini bekerjasama lintas sektor dengan Bappenas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan dan masyarakat petani serta semua pihak yang terkait baik di dalam dan sekitar daerah Irigasi.
 
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif