Maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Foto: MI/Panca Syurkani
Maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Foto: MI/Panca Syurkani

Merugi, Ini Rute Penerbangan Internasional yang Ditutup Garuda

Ekonomi BUMN Garuda Indonesia Penerbangan
Annisa ayu artanti • 21 Juni 2021 20:46
Jakarta: PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) menutup sejumlah penerbangan internasional yang dianggap merugi. Mulai dari Melbourne, Perth, hingga Osaka.
 
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, rute Jakarta-Melbourne dan Jakarta-Perth akan ditutup bulan depan. Sementara Osaka sudah dihentikan.
 
"Rute-rute yang kita berhentikan ini karena rugi. Hanya saja masih ada beberapa rute yang masih kita pertahankan, walaupun saat rugi tapi punya potensi untung," kata Irfan dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR-RI, Senin, 21 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Irfan menuturkan, sejauh ini basis pernerbangan internasional Garuda Indonesia adalah kargo. Saat ini, bisnis penerbangan kargo telah menyumbang cukup signifikan pada pendapatan perseroan dibandingkan penerbangan penumpang.
 
Kendati memberhentikan penerbangan ke Melbourne dan Perth, untuk penerbangan ke Negeri Kangguru tersebut, katanya, maskapai Garuda masih mempertahankan satu penerbangan yakni Jakarta-Sydney dengan frekuensi terbang seminggu sekali. Garuda beralasan mempertahankan penerbangan tersebut demi konektivitas.
 
"Sekarang karena kondisi yang ketat maka kita hanya buka Sydney. dan Sydney pun seminggu sekali, karena penting bagi kita yang disebut konektivitas," ungkapnya.
 
Sementara untuk rute lainnya, Irfan melanjutkan, Garuda Indonesia tengah mempertimbangkan kelanjutan rute internasional Amsterdam, Kuala Lumpur, dan Seoul.
 
"Ada tiga rute yang sedang kami amati dengan sangat ketat yaitu Amsterdam-Jakarta, Jakarta-Kuala Lumpur, dan Sydney," sebutnya.
 
Sedangkan untuk penerbangan ke Singapura, Irfan menambahkan, pihaknya sepakat untuk mulai mengurangi penerbangan tersebut.
 
Sementara penerbangan internasional yang dianggap menguntungkan dan masih dipertahankan Garuda Indonesia adalah Bangkok, Hong Kong, dan Tiongkok.
 
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif