Ilustrasi listrik bagi UMKM - - Foto: Antara/ M Risyal Hidayat
Ilustrasi listrik bagi UMKM - - Foto: Antara/ M Risyal Hidayat

PLN Gelontorkan Keringanan Listrik Pelanggan UMKM Rp94 Miliar

Ekonomi PLN UMKM tarif listrik Stimulus Ekonomi Imbas Korona
Suci Sedya Utami • 25 September 2020 14:33
Jakarta: PT PLN (Persero) telah menggelontorkan keringanan tarif listrik hingga Rp94 miliar bagi pelanggan di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pagu untuk stimulus tersebut mencapai Rp150 miliar.
 
"PLN telah menjalankan keputusan pemerintah untuk memberikan stimulus bagi pelanggan industri dan bisnis kecil daya 450 VA berupa pembebasan rekening Mei hingga Desember 2020," ujar Direktur Human Capital and Management PLN Syofvi Felienty Roekman, Jumat, 25 September 2020.
 
Selain itu, PLN juga memberikan stimulus bagi pelanggan UMKM dan Industri Kecil Menengah (IKM) melalui program Super Merdeka berupa keringanan Biaya penyambungan (BP) tambah daya sebesar 75 persen. Program ini memberikan keringanan bagi pelanggan golongan tarif bisnis dan industri tegangan rendah mulai dari daya 450 volt ampere (VA) sampai dengan daya 13.200 VA dengan pilihan daya akhir sampai dengan daya 16.500 VA.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Layanan ini berlaku sejak 4 September 2020 hingga 3 Oktober 2020. Hingga 18 September, sebanyak 12.500 pelanggan telah melakukan pembayaran untuk mendapatkan program ini.
 
Keringanan biaya diberikan dengan pertimbangan UMKM dan IKM yang menjadi tulang punggung dari kegiatan ekonomi nasional. Dengan begitu, keringanan dan keandalan listrik dapat meningkatkan hasil usaha UMKM di tengah pandemi.
 
Adapun PLN menganggarkan Rp30,7 Miliar untuk pemberdayaan UMKM pada 2020. Saat ini PLN telah membina 6.475 UMKM, baik melalui Rumah BUMN maupun secara langsung oleh PLN.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif