Ilustrasi pengusaha level mikro. Foto: Dok.MI
Ilustrasi pengusaha level mikro. Foto: Dok.MI

Presiden Restui Bantuan Produktif Rp2,4 juta untuk Pengusaha Mikro

Ekonomi Kementerian Koperasi dan UKM Stimulus Ekonomi Imbas Korona
Ilham wibowo • 12 Agustus 2020 15:29
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) merestui bantuan produktif sebesar Rp2,4 juta untuk pelaku usaha mikro. Stimulus ini rencananya siap disalurkan pada pertengahan Agustus 2020.
 
"Hari ini Pak Presiden dan kami ratas, sudah disetujui yaitu program bantuan produktif usaha mikro. Kami sudah siapkan pertengahan Agustus ini juga sudah bisa kami kick off," kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu, 12 Agustus 2020.
 
Teten mengatakan bahwa program bantuan produktif tersebut akan disalurkan kepada 12 juta pelaku usaha mikro. Tahap awal, telah disiapkan anggaran sebesar Rp22 triliun yang akan ditransfer langsung kepada penerima.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Program bantuan produktif usaha mikro ini akan diberikan ke 12 juta pelaku usaha mikro sebesar Rp2,4 juta. Tahap awal kita sudah dialokasikan untuk 9,1 juta penerima dengan total anggaran Rp22 triliun," papar Teten.
 
Penerima manfaat bansos produktif ini ditujukan kepada pelaku usaha mikro yang belum pernah menerima bantuan pinjaman dari perbankan. Pelaku usaha mikro yang ingin mendapatkan bantuan ini juga diharapkan bisa mendaftarkan diri ke dinas koperasi setempat.
 
"Kami mengajak pada pelaku usaha mikro yang belum dapat pembiayaan modal kerja dan investasi dari perbankan untuk aktif mendaftarkan diri ke dinas koperasi terdekat," ungkap Teten.
 
Sejauh ini, lanjut Teten, sudah terkumpul data sekitar 17 juta pelaku usaha mikro yang bersumber dari koperasi, kepala-kepala dinas Pemda, bank wakaf mikro, Himbara, PNM, Pegadaian, serta Badan Layanan Umum (BLU). Namun, data tersebut perlu melalui tahap verifikasi dan validasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM, bersama Kemenkeu dan OJK.
 
"Kita harus partisipasi agar bantuan usaha mikro ini dapat disalurkan tepat sasaran," tuturnya.

 
(DEV)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif