NEWSTICKER
Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI
Ilustrasi. FOTO: MI/RAMDANI

Mulai 30 Maret, Jam Perdagangan di Bursa Dikurangi

Ekonomi ihsg ojk bei pasar modal
Annisa ayu artanti • 25 Maret 2020 07:22
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk mempersingkat jam operasional perdagangan di bursa efek. Hal itu dilakukan guna mendukung langkah-langkah pemerintah untuk mencegah penyebaran virus korona (covid-19) serta harmonisasi kebijakan sektor jasa keuangan bersama Bank Indonesia.
 
Adapun bank sentral Indonesia itu memutuskan untuk mempersingkat jam operasional Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS).
 
"Kepada Bursa Efek Indonesia untuk mempersingkat jam perdagangan di bursa efek dan di Sistem Penyelenggara Pasar Alternatif (SPPA), serta mempersingkat waktu pelaporan di Penerima Laporan Transaksi Efek (PLTE)," kata Deputi Komisioner Humas dan Logistik Anto Prabowo, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 25 Maret 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Waktu perdagangan di bursa efek dari Senin sampai dengan Jumat sesi I diminta menjadi pukul 09.00-11.30. Sementara untuk sesi II diminta dimulai dari pukul 13.30-15.00. Sedangkan untuk waktu perdagangan SPPA menjadi pukul 09.00-15.00 dan waktu operasional PLTE menjadi pukul 09.30-15.30.
 
Lebih lanjut kepada PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (PT KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (PT KSEI), Anto mengatakan, OJK meminta untuk melakukan penyesuaian waktu proses penyelesaian dan kegiatan operasional sesuai jam perdagangan bursa.
 
Jam perdagangan di SPPA dan waktu operasional PLTE serta penyesuaian waktu proses penyelesaian oleh PT KPEI dan PT KSEI tersebut berlaku sejak 30 Maret 2020.
 
"Berlaku sejak 30 Maret 2020 atau sejak penyesuaian jadwal kegiatan operasional dan layanan publik Bank Indonesia sampai dengan berakhirnya batas waktu yang ditetapkan kemudian oleh Otoritas Jasa Keuangan," pungkasnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif