Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. FOTO: Kemendag
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. FOTO: Kemendag

Mendag Perkuat Transformasi Digital Pasar Rakyat Semarang

Ekonomi Virus Korona Kementerian Perdagangan UMKM UMKM Indonesia
Ilham wibowo • 16 Oktober 2020 11:27
Semarang: Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong pengembangan kapasitas dan penguatan pasar rakyat dengan menggandeng penyedia layanan teknologi digital. Penjualan barang dagangan yang terhubung secara online perlu dimanfaatkan menghadapi pandemi covid-19.
 
Guna mendukung hal tersebut, perjanjian kerja sama Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kemendag dengan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Aplikasi Gojek) telah dilakukan untuk wilayah Semarang, Jawa Tengah. Melalui kerja sama ini, belanja barang kebutuhan pokok bagi masyarakat diupayakan bisa semakin mudah tanpa perlu berkerumun.
 
“Ini merupakan bentuk komitmen kami dalam mengembangkan kapasitas dan menguatkan pasar rakyat melalui aplikasi Gojek. Diharapkan upaya ini dapat berkontribusi meningkatkan perekonomian Indonesia,” ujar Agus, melalui keterangan tertulisnya, Jumat, 16 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agus menjelaskan ruang lingkup perjanjian kerja sama ini antara lain pengembangan kapasitas serta penguatan pasar rakyat yang mencakup penyediaan informasi, edukasi, sosialisasi, serta pelatihan pemanfaatan GoShop atau layanan lainnya pada aplikasi Gojek.
 
Kolaborasi ini juga mencakup pendampingan dari aplikasi Gojek dalam bentuk training for trainers di pasar rakyat yang ditunjuk Kemendag, bagi pelaku usaha binaan. Pelaksanaan program meliputi pelatihan ekosistem pasar rakyat, namun tidak sebatas hanya pelatihan, tetapi juga termasuk penyediaan runner.
 
“Selain semakin menguatkan eksistensi pasar rakyat, kami berharap perjanjian kerja sama ini dapat benar-benar memberikan dampak positif juga bagi kelancaran penyediaan kebutuhan masyarakat yang bisa dipenuhi dari pasar rakyat,” ucapnya.
 
Hingga saat ini, sudah ada delapan kota/kabupaten dan 41 pasar rakyat di Jawa Tengah yang terlayani fitur GoShop. Adapun peningkatan transaksi melalui GoShop pada periode Juni-Agustus 2020 tercatat sebesar 38,8 persen, sehingga diharapkan semakin memberikan dampak baik bagi distribusi pangan di Jawa Tengah.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif