PLTS. Foto ; Medcom/Annisa Ayu.
PLTS. Foto ; Medcom/Annisa Ayu.

3.000 Pelanggan PLN Pasang PLTS Atap

Ekonomi plts Kementerian ESDM
Suci Sedya Utami • 21 Januari 2021 18:12
Jakarta: Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (ESBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan saat ini jumlah pelanggan PT PLN (Persero) yang telah memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap.
 
Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Harris mengatakan jumlah tersebut memang tidak terlalu tinggi. Namun dirinya meyakini ke depan jumlahnya akan bertambah.
 
"Saat ini sudah ada 3.000 pelanggan yang memasang PLTS atap, kapasitasnya 21 megawatt (MW). Ini memang belum begitu tinggi, tapi semoga bisa terakselerasi," kata Harris dalam MoU pembiayaan dan pemasangan PLTS Atap, Jakarta, Kamis, 21 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Harris menjelaskan saat ini pihaknya tengah merevisi regulasi penggunaan PLTS Atap. iA Berharap dengan adanya perbaikan regulasi tersebut bakal mendorong pemanfaatan PLTS Atap di tanah air. Diharapkan peningkatannya bisa mencapai 70 MW per. Tahun lalu kapasitas terpasang PLTS Atap sebesar 13,4 MW.
 
"Semoga kita bisa bikin satu revisi lagi agar akselerasi PLTS atap dari sisi regulasi dan implementasi bisa berjalan dengan baik," ujar dia.
 
Kementerian ESDM menargetkan kapasitas PLTS bisa mencapai 17.687 MW di 2035. Dari target tersebut, kontribusi PLTS Atap diharapkan bisa mencapai 2.904 MW, yakni pemasangan di gedung pemerintah 111,7 MW, bangunan dan fasilitas milik BUMN 1.426 MW, industri dan bisnis 624,2 MW, serta rumah tangga 648,7 MW.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif