Ilustrasi sapi. Foto: dok MI/Rommy Pujianto.
Ilustrasi sapi. Foto: dok MI/Rommy Pujianto.

Harga Melonjak, Pengusaha Sapi Potong Sudah Tak Bisa Impor Daging dari Australia

Ekonomi daging daging sapi harga daging Kementerian Perdagangan
Antara • 22 Januari 2021 19:07
Jakarta: Ketua Dewan Gabungan Pelaku Usaha Peternakan Sapi Potong Indonesia (Gapuspindo) Didiek Purwanto mengakui telah menaikkan harga daging seiring dengan naiknya harga sapi impor dari Australia.
 
Didiek memaparkan sejak harga sapi impor Australia menyentuh level terendah USD2,5 per kilogram (kg) hidup, terjadi peningkatan harga hingga USD3,8 per kg atau setara Rp55.460 per kg pada akhir Desember 2020.
 
Dia menuturkan, sebagian anggotanya sudah tidak bisa lagi melakukan impor dari Australia. Sehingga membuat adanya lonjakan harga, setelah pada 2019-2020 tidak ada lonjakan harga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami pun berharap, ke depannya ada alternatif negara yang bisa impor sapi di tengah kondisi impor dari Australia," kata Didiek, dikutip dari Antara, Jumat, 22 Januari 2021.
 
Di sisi lain, perwakilan Bulog dan Berdikari menyatakan kesiapannya untuk memenuhi stok kebutuhan daging sapi menjelang hari raya Idulfitri. Catatannya, proses perizinan impor dari negara di luar Australia bisa dipercepat.
 
Sebelumnya Istana Kepresidenan melalui Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berupaya mencari solusi menstabilkan harga daging sapi dengan mempertemukan secara langsung Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) dan Gapuspindo merespons kenaikan harga daging di pasaran.
 
"Melalui pertemuan ini, saya harap ada solusi agar harga daging sapi tidak terus naik dan jadi masalah baru dan beban masyarakat di tengah penanganan covid-19 dan berbagai bencana yang ada," kata Moeldoko di Gedung Bina Graha Kompleks Istana Kepresidenan.
 
Pertemuan yang juga dihadiri perwakilan Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Bulog, hingga PT Berdikari ini, merupakan upaya Pemerintah dalam mencari solusi terkait adanya isu kenaikan harga daging sapi, hingga kesiapan menjelang hari raya Idulfitri.
 
Moeldoko memaparkan, para pihak yang hadir pada pertemuan tersebut menyusun kembali perhitungan stok daging yang ada. Melalui langkah itu, kata Moeldoko, setiap pihak diharapkan bisa memetakan persiapan untuk menetapkan harga daging dan memutuskan kebijakan impor daging maupun impor sapi dari beberapa negara.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif